Cara Menjual Barang di Facebook

Cara Menjual Barang di Facebook

Berjualan di Facebook dapat menjadi salah satu alternatif untuk kamu yang ingin memulai bisnis tanpa modal besar. Facebook sendiri merupakan media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, dengan begitu kamu bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan barang yang sedang dijual dan menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Namun, sebelum memulai jualan di Facebook, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Pertama, kamu harus memiliki akun Facebook khusus untuk jualan. Hal ini penting agar kamu bisa fokus mempromosikan barang yang kamu jual tanpa harus bercampur dengan akun pribadimu.

Berikut ini beberapa cara dan tips untuk memaksimalkan penjualan barang di Facebook, silakan simak dengan baik mulai dari sini.

Berjualan di Facebook Marketplace

Marketplace merupakan salah satu fitur di Facebook yang disediakan untuk melakukan jual beli barang dengan mudah pada sesama pengguna di wilayah sekitar. Fitur ini dapat dinikmati tanpa ada batasan, dan yang diperlukan hanyalah menyiapkan gambar, kategori, harga, dan deskripsi barang disertai informasi tambahan untuk menghubunginya penjual.

Berjualan di Facebook Marketplace

Facebook Marketplace dapat diakses melalui desktop maupun aplikasi di ponsel. Bahkan untuk pengguna baru pun tidak akan kesulitan untuk menggunakan fitur ini karena pertama kalinya akan dijelaskan oleh Facebook sebelum mencoba fiturnya.

Jualan di Grup Jual Beli pada Facebook

Selain menggunakan fitur Marketplace, kamu juga bisa mempromosikan barang di grup jual beli di Facebook. Pastikan kamu bergabung di grup yang relevan dengan barang yang kamu jual dan jangan lupa untuk mengikuti aturan di grup tersebut.

Misalnya jika menjual ponsel, maka bergabunglah di grup “Jual Beli HP Kota Jakarta“. Dengan begitu barang kamu akan lebih cepat laku karena berada di grup yang sesuai terhadap calon pembeli.

Menjual Barang di Grup Facebook

Persentase penjualan pada grup memang jauh lebih tinggi dibandingkan pada fitur marketplace, karena penggunanya berada di satu wadah dan kebanyakan dari itu sistemnya COD karena berada di satu wilayah. Jadi manfaatkan grup Facebook sebaik-baiknya untuk berjualan.

Tips Berjualan di Facebook Agar Hasil Maksimal

Beberapa dari tips ini dapat kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan sehingga lebih banyak calon pelanggan yang hadir. Alangkah baiknya jika seluruh tips ini diterapkan.

1. Berikan Pelayanan yang Baik

Tak hanya sekedar mempromosikan barang saja, kamu juga harus memberikan pelayanan yang baik terhadap calon pembeli. Pelayanan yang baik adalah kunci sukses dalam menjual barang di Facebook.

Pastikan kamu selalu merespon dengan cepat dan memberikan informasi yang jelas dan akurat. Jangan lupa untuk menjaga komunikasi dengan calon pembeli agar mereka merasa nyaman dan percaya dengan barang yang kamu jual.

Selain itu, kamu juga harus menjaga reputasi kamu sebagai penjual yang terpercaya. Jangan pernah menipu calon pembeli dengan memberikan informasi yang tidak akurat atau memperlihatkan barang yang tidak sesuai dengan gambar yang sudah kamu posting. Hal ini bisa merusak reputasi kamu dan membuat calon pembeli enggan membeli barang dari kamu.

2. Posting Gambar yang Menarik dan Gunakan Hashtags

Hal ini penting untuk menarik perhatian calon pembeli. Pastikan kamu memotret barang yang akan kamu jual dengan baik dan jelas (tanpa blur). Kamu juga bisa menambahkan deskripsi yang detail dan menarik sehingga mereka yang membaca akan tahu terkait produk yang akan dibeli.

Kamu juga bisa memakai hashtag tambahan untuk mempromosikan barang yang kamu jual. Hashtag adalah salah satu fitur di Facebook yang bisa membantu mempromosikan barang yang kamu jual. Gunakan hashtag yang relevan agar lebih mudah ditemukan oleh para calon pembeli.

3. Perhatikan Sistem Pembayaran

Facebook tidak menyediakan layanan escrow atau sejenis pengaman dalam pembelian sehingga calon pembeli mungkin akan berfikir dua kali sebelum bertransaksi. Maka dari itu, sejak awal tadi saya lebih menyarankan untuk menggunakan sistem pembayaran COD karena lebih terjamin aman dan tidak ada yang dirugikan.

Ini hanya berlaku untuk perorarangan, berbeda jika penjual merupakan sebuah perusahaan, justru itu akan lebih dipercaya oleh publik karena informasinya dapat ditemukan dimana-mana.

Baca juga: Tips Mencegah Facebook Membagikan Data Pribadi Kamu

Kesimpulan

Meskipun jualan di Facebook terlihat mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar, kamu juga harus tetap memperhatikan beberapa hal agar jualan kamu sukses dan tidak merugikan. Misalnya, kamu harus memperhatikan harga yang kamu tawarkan agar sesuai dengan nilai barang yang kamu jual. Jangan terlalu mahal atau terlalu murah, karena hal ini bisa membuat calon pembeli ragu.

Jadi, itulah cara dan juga beberapa tips untuk menjual barang di Facebook. Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan yang baik dan menjaga reputasi kamu sebagai penjual yang terpercaya.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *