Tips Membeli Akun Game Online Secara Aman

Tips Membeli Akun Game Online Secara Aman

Pernah kepikiran untuk membeli akun game? Entah itu Mobile Legends, Free Fire, PUBG, dan lain sebagainya. Pada dasarnya proses pembelian akun game tidak semudah yang dibayangkan, ini harus melalui beberapa proses untuk mengamankan akun tersebut supaya tidak di ambil alih atau biasa disebut sebagai take back.

Kebanyakan orang akan lebih suka membeli akun game secara online, itu karena terdapat berbagai kelebihan dari sisi item yang dimiliki pada akun tersebut, serta harganya yang bisa dibilang terjangkau. Nah, ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum kamu menuju ke proses transaksi, dan di sini akan saya bagikan beberapa tips tersebut yang wajib untuk diterapkan.

Beberapa Tips Membeli Akun Game Online dengan Aman

Pastikan Platform Benar-Benar Terpercaya

Beberapa platform besar mengizinkan pengguna untuk melakukan jual beli barang digital, termasuk akun game. Tapi tak hanya platform besar saja, melainkan juga ada platform baru yang bisa dikatakan kurang populer. Maka dari itu, ketahui terlebih dahulu apakah platform itu benar-benar aman untuk melakukan transaksi. Silakan cari-cari informasi terlebih dahulu.

Kamu bisa bergabung ke grup yang membahas game tersebut dan menanyakan ke komunitas terkait apakah platform tersebut aman untuk digunakan dalam membeli akun. Jika banyak yang memberikan respon positif, maka tak ada salahnya untuk melanjutkan membeli akun game di platform tersebut.

Siapkan Jasa Midman atau Rekber Terpercaya

Jika kondisinya membeli akun melalui sosial media, contohnya melalui Facebook, maka sangat disarankan untuk menggunakan jasa midman atau rekber untuk melancarkan transaksi. Untuk pemilihan jasa midman dapat dirundingkan dengan seller, dan pastikan midman yang digunakan sudah memiliki lencana verifikasi pada profilnya.

Mengapa lencana verifikasi ini penting? Karena banyak sekali akun kloning yang mengatasnamakan jasa midman tersebut, sehingga beberapa orang teledor dan tidak tahu bahwa itu akun palsu. Maka dari itu, memilih midman yang tepat juga menjadi hal yang penting sekali.

Sementara itu untuk fee alias biaya admin jasa midman juga bisa dirundingkan dengan seller. Rata-rata jika transaksinya tergolong kecil, seller tidak ingin menanggung biaya admin tersebut.

Kegunaan dari midman/rekber adalah mengamankan transaksi, jadi uang dari pembeli akan ditransfer ke midman, begitu pula akun game juga akan dikirim ke midman. Kemudian ketika informasi game sudah diberikan oleh midman ke pembeli dan kondisinya akun game sudah bisa dimainkan, maka midman akan men-transfer uangnya ke penjual.

Mengubah Sandi, Email, dan Lain Sebagainya

Ketika jasa midman sudah memberikan akunnya, dan ternyata game sudah bisa dimainkan, pastikan pula kamu melakukan beberapa hal meliputi:

  • Pergantian password terhadap akun.
  • Mengubah alamat email & nomor hp (khusus facebook).
  • Mengubah alamat email recovery dan juga nomor telepon recovery (khusus gmail).
  • Mengeluarkan perangkat lain yang masih terhubung di akun (gmail dan facebook).
  • Mengaktifkan 2FA untuk melindungi akun lebih ketat.

Jasa midman juga berhak untuk memberikan intruksi kepada pihak penjual untuk logout atau mengeluarkan akun game dari perangkatnya melalui proses recording layar untuk maksud keamanan supaya penjual benar-benar tidak memiliki akses lagi ke akun game yang telah dijual tersebut.

Ketahui Keterikatan Akun Game (Jenis Bind Akun)

Silakan cek kembali apakah akun game juga terikat dengan akun lainnya? Jika iya, maka silakan unbind akun yang tidak dikenali tersebut. Karena beberapa game online mengizinkan pengguna untuk menautkan akun gamenya ke akun pribadi seperti Gmail, Facebook, hingga Tiktok.

Proses ini harus dilakukan pada saat midman memberikan informasi akun, sehingga jika ada masalah seperti akun yang tidak dikenal tersebut tidak bisa di unbind dari game, maka dari pihak penjual juga harus memberikan informasi akun lain itu demi keamanan.

Dan Pembelian Akun Berhasil

Setelah proses mengamankan akun sudah selesai, kini kamu bisa mengonfirmasi ke jasa midman untuk meneruskan uang ke pihak penjual. Dan selesai, akun game yang telah dibeli sudah sepenuhnya milik kamu.

Baca juga: Cara Mengamankan Akun Growtopia (Verifikasi Email)

Kesimpulan

Pembelian akun game online memang harus melalui beberapa proses untuk memastikan bahwa akun tersebut tidak diambil alih lagi oleh penjual yang nakal. Dan peranan jasa midman sangatlah penting untuk mengamankan transaksi, namun sekali lagi bahwa pastikan untuk memilih jasa midman yang terpercaya (memiliki lencana ter-verifikasi).

Jadi cukup itu saja tips yang dapat saya bagikan kali ini terkait pembelian akun game online. Jika kamu memiliki pertanyaan atau barangkali tambahan lain terkait topik di atas, silakan langsung berkomentar.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *