≡ Menu

Cara Mengubah Password Akun Facebook Melalui Ponsel

Cara Mengubah Password Akun Facebook Melalui Ponsel

Ada berbagai cara untuk menjaga akun Facebook supaya tidak sampai jatuh kepada tangan orang lain. Salah satunya adalah mengubah password setiap beberapa bulan sekali. Karena saat ini banyak yang menggunakan Facebook untuk hal yang terbilang penting, seperti jual beli sebuah barang.

Tentunya apabila akun Facebook kamu dipegang oleh orang yang tak dikenal, maka itu dapat disalahgunakan kapan saja. Nah, maka dari itu untuk membuat akun Facebook kamu tetap aman, lakukan pergantian sandi secara rutin setiap beberapa bulan sekali.

Mengubah password Facebook bisa dilakukan dari ponsel, serta prosesnya pun juga cepat. Dan artikel ini akan membahas langkah-langkah mudah untuk melakukannya. Silakan disimak dengan baik mulai dari sini.

Tutorial Mengubah Password Akun Facebook

Sebelum memulai ke langkah-langkahnya, pastikan bahwa saat ini akun Facebooknya dapat dibuka dengan normal. Karena apabila kondisi yang kamu alami adalah lupa kata sandi, maka artikel ini bukan ditujukan untuk itu.

Berikut ini step mudah mengubah password Facebook melalui ponsel:

  1. Buka aplikasi Facebook.
  2. Ketuk tombol Menu (strip tiga).

    Ketuk Tombol Menu

  3. Kemudian gulir kebawah dan ketuk menu Pengaturan & Privasi > Pengaturan.

    Menuju Pengaturan Facebook

  4. Selanjutnya ketuk menu Keamanan dan Login.

    Ketuk Menu Keamanan dan Login

  5. Gulir lagi kebawah dan pilih menu Ubah Kata Sandi.

    Mengubah Password Akun Facebook

  6. Kolom untuk mengganti sandi akan muncul. Kolom paling atas silakan isi dengan kata sandi lama. Sedangkan dua kolom dibawahnya silakan isi dengan kata sandi baru.

    Langkah untuk Mengganti Password Akun Facebook

  7. Apabila sudah, klik tombol Update Kata Sandi.
  8. Selesai, kata sandi akun Facebook berhasil diubah.

Terkadang sistem Facebook juga menanyakan kode verifikasi setelah pergantian kata sandi hanya apabila akun kamu telah mengaktifkan fitur two-factor-authenticator. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa pemilik akun asli lah yang sedang mengganti sandi.

Solusi Gagal Mengganti Password Facebook

Suatu kendala bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika kamu mengganti password Facebook sekalipun. Namun disini saya akan memperjelas beberapa poin penting supaya proses pergantian password dapat berjalan sempurna tanpa ada kesalahan yang tiba-tiba tampil.

  • Pastikan kata sandi lama telah ditulis dengan benar.
  • Buat kata sandi minimal 8 karakter.
  • Pastikan kamu menggunakan ponsel yang biasa dipakai untuk masuk ke akun.

Ketiga hal diatas sangat penting untuk membuat proses pergantian password menjadi lancar dan tak berkendala. Sementara itu poin terakhir sebenarnya sangatlah penting, sebab jika kamu mengganti kata sandi dari perangkat yang tidak dikenal, maka akunnya berpotensi terkunci sementara oleh sistem dengan alasan adanya tindakan mencurigakan.

Besar kecilnya teks dari password yang diketik juga harus diperhatikan, karena salah satu karakter saja pasti nanti akan mucul notif error saat akan menggantinya.

Baca juga: Cara Mengakses Messenger Facebook Secara Gratis Tanpa Kuota

Kesimpulan

Mengubah password akun Facebook dapat dilakukan dengan cepat melalui ponsel, tepatnya dari aplikasi Facebook yang bisa diunduh di Play Store ataupun Apps Store. Dan selain hanya mengubah password, sebenarnya masih ada beberapa hal lain yang bisa kamu terapkan untuk membuat keamanan akun kamu menjadi super ketat, sehingga takkan ada orang lain yang bisa membukanya kecuali kamu saja.

Saat perubahan kata sandi, Facebook meminta pengguna untuk menuliskan kata sandi lama. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa pengguna itu adalah pemilik akun asli. Sebab jika tidak ada kolom tersebut, pastinya siapa saja yang meminjam ponsel kamu dapat mengubah se-enaknya. Maka dari itulah kenapa kamu diminta menuliskan sandi lama sebelum bisa membuat sandi yang baru.

Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar pergantian kata sandi atau password akun Facebook, silakan tanyakan itu di kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap