Berapa Lama Proses Pengajuan Monetisasi Youtube?

Berapa Lama Proses Pengajuan Monetisasi Youtube?

Setelah mencapai 4000 jam waktu tonton dan 1000 subscriber, pemilik channel bisa mengajukan untuk bergabung ke program partner Youtube supaya bisa mulai me-monetisasi seluruh video yang diunggahnya. Proses ini tergolong mudah dan cepat, khususnya bagi channel yang tidak melanggar pedoman komunitas.

Jadi yang sering dipertanyakan adalah “berapa lama pihak Youtube memproses pengajuan monetisasi ini?“. Karena jika tertulis di sana, mereka menjanjikan prosesnya akan berlangsung setidaknya 1 minggu, tapi apakah itu benar? Nah, di sini akan saya bagikan detail waktu yang tepat sesuai dari pengalaman saya sendiri.

Total Waktu Proses Pengajuan Monetisasi Youtube

Secara umum, pihak Youtube sangat rajin dalam menyetujui channel yang hendak bergabung sebagai partner. Di halaman pengajuan juga tertulis bahwa prosesnya bisa mencapai 3-5 hari kerja, sedangkan kebanyakan orang hanya perlu menunggu selama 1 atau 2 hari saja dan kemudian sudah diterima.

Ada dua jenis proses pengajuannya, yang pertama adalah pendaftaran Google Adsense dan yang kedua adalah proses preview channel oleh pihak Youtube.

Lamanya Proses Pendaftaran Google Adsense

Saat setelah mendaftar Google Adsense dan menautkannya ke channel, pengguna akan diminta untuk menunggu beberapa saat untuk memastikan akun Google Adsense tersebut layak untuk digunakan. Karena Google perlu untuk memeriksa apakah pengguna pernah memiliki akun Adsense sebelumnya, sehingga hal inilah yang menyebabkan prosesnya tidak instan.

Sedangkan untuk prosesnya hanya sekitar setengah hari atau maksimal 1 hari kerja. Pastikan pula di halaman pengajuan bahwa akun Adsense tersebut telah berhasil ditautkan, karena apabila masih muncul tombol Set Up, itu tandanya akun Adsense belum ditautkan dengan benar.

Lamanya Proses Review Channel oleh Pihak Youtube

Setelah akun Adsense telah disetujui, maka pengguna tidak perlu melakukan apa-apa lagi karena proses review akan langsung berjalan secara otomatis. Jadi pengguna hanya perlu menunggu sampai Youtube memutuskan untuk menerima channel tersebut atau tidak.

Dari pengalaman saya, prosesnya hanya sekitar 1 hari kerja. Jadi pada waktu itu, Youtube langsung mengirimkan pesan di email bahwa channel telah diterima untuk bergabung sebagai program partner Youtube.

Pesan Email Bahwa Channel Diterima Program Partner Youtube

Ingat, waktu 1 hari tidak menjadi patokan yang harus diyakini, karena sesuai dari peraturan Youtube sendiri bahwa prosesnya bisa mencapai 3 sampai 5 hari atau mungkin 1 minggu.

Rata-rata yang diperiksa oleh Youtube adalah video yang paling populer, tapi tidak menutup kemungkinan seluruh video akan diperiksa apabila jumlahnya sedikit. Selama konten tidak melanggar pedoman komunitas, maka pengguna bisa tetap tenang dan berfikir positif untuk disetujui.

Bagaimana Jika Prosesnya Lebih dari 1 Minggu?

Hal semacam ini bisa-bisa saja terjadi karena padatnya pengguna yang sedang mengantri dalam mengajukan. Namun sudahkah mencoba untuk mengecek folder spam pada email? Karena siapa tahu pesan status pendaftaran muncul di sana.

Itu bisa saja merupakan penolakan dan pengguna harus mengajukan lagi sebulan dari sekarang. Tak perlu khawatir, karena segala kesalahan bisa diperbaiki, jadi cek apa saja yang menyebabkan penolakan tersebut dan ketika sudah diperbaiki, itulah saatnya untuk mengajukan kembali.

Alternatif lainnya apabila sekiranya belum mendapatkan informasi persetujuan atau penolakan di email, alias pengajuannya tergantung, maka sebaiknya untuk menghubungi pihak Youtube melalui Twitter.

Saya melihat layanan support Youtube sangat aktif di Twitter, bahkan untuk mengatasi masalah yang tergolong fatal sekalipun. Jadi tak ada salahnya untuk menanyakan ke mereka dan berikan juga screenshot dan informasi lengkap berdasarkan waktu pengajuan pendaftaran, URL Channel, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Membuat Username Channel Youtube

Kesimpulan

Proses pengajuan Youtube membutuhkan dua langkah yang perlu ditunggu, yakni pendaftaran Adsense dan proses review manual. Kebanyakan pengguna hanya perlu menunggu setidaknya 1 sampai 2 hari saja (termasuk saya sendiri). Tapi berdasarkan panduan yang diberikan Youtube, prosesnya bisa mencapai 3 hari, atau bahkan 1 minggu.

Jadi ini hanya tentang menunggu saja. Beberapa orang juga mengatakan jika prosesnya lama, maka kemungkinan terdapat review tambahan untuk memastikan videonya tidak melanggar, namun karena itu tidak dijelaskan oleh Youtube dan tidak terjadi pada saya sendiri, maka saya jadikan itu sebagai teori saja.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *