5 Situs Web Baca Al-Quran Online Terbaik

Banyak keuntungan yang diperoleh ketika membaca Al-Quran secara online, salah satunya adalah fleksibilitas. Karena setiap orang dapat membaca surat atau ayat suci di mana saja dan kapan saja selama memiliki koneksi internet.

Jadi misalnya kamu lupa tidak membawa Al-Quran, maka sementara itu bisa menggunakan ponsel atau laptop terlebih dahulu. Pastinya ini dapat meningkatkan konsistensi dan keteraturan diri sendiri dalam membaca Al-Quran.

Beberapa situs web menyediakan akses untuk membaca Al-Quran secara mudah dan praktis. Pengguna tidak perlu memasang aplikasi dan langsung bisa dibaca melalui browser. Tersedia pula terjemahan dari setiap ayat yang mana dapat meningkatkan pemahaman lebih dalam tentang isi di dalam Al-Quran.

Situs Web Baca Al-Quran Secara Online Terbaik

Berikut ini daftar lima situs web terbaik untuk membaca Al-Quran secara online:

1. World Quran

Gambaran dari Situs Web World Quran

Situs ini sangat ringan untuk di akses sehingga dapat di kunjungi meski pada saat koneksi lambat sekalipun. Terdapat kolom pencarian untuk memilih surat apa yang ingin dibaca. Jadi apabila bingung tidak menemukan suratnya pada daftar yang tersedia, maka kamu bisa langsung mencarinya, dan nantinya akan muncul surat yang disarankan.

Ada pun dukungan mode gelap yang akan membantu kamu membaca Al-Quran lebih baik pada kondisi cahaya yang minim supaya tidak silau ketika membacanya. Ingin mengetahuinya langsung? Silakan kunjungi situs web World Quran.

2. Quran.Com

Gambaran dari Situs Web Quran.Com

Situs Quran.com sangat populer di dunia dan fitur yang disediakan tentunya sangat banyak untuk meningkatkan kenyamanan pengguna pada saat membaca ayat. Tak cuma mode gelap saja dari tema yang didukung, namun ada pula mode sepia yang menurut saya sangat menarik.

Kelebihan lain dari situs ini adalah terdapat font yang bisa dipilih sesuai kenyamanan. Ada sekitar tiga jenis font atau gaya tulisan yang tersedia dan pengguna bebas mengatur opsi lanjutan terkait ukuran teks, dan lain-lain.

Walau secara default situs ini diatur untuk terjemahan Bahasa Inggris, namun itu bisa diatur kembali supaya menggunakan Bahasa Indonesia. Jika ingin mengetahui fitur-fitur lainnya, silakan langsung kunjungi saja situs webnya di Quran.Com.

3. Lite Quran

Gambaran dari Situs Web Lite Quran

Sesuai dari nama websitenya, Lite Quran menyediakan pengalaman membaca Al-Quran yang simpel dan sederhana. Situsnya yang ringan dapat diakses dengan cepat dalam jenis jaringan apapun.

Tersedia fitur pencarian dan terdapat pula terjemahan pada setiap ayat. Walau tidak banyak fitur yang disediakan, namun pada dasarnya itu sudah cukup untuk bisa membaca Al-Quran dengan mudah melalui ponsel/laptop.

Untuk mengetahuinya secara langsung, silakan klik Lite QuranLite Quran.

4. Al-Quran.Info

Gambaran dari Situs Web Al-Quran.Info

Situs web ini memiliki tampilan yang cerah dan secara default bahasa yang ditawarkan adalah Inggirs. Akan tetapi itu bisa diubah melalui pengaturan dengan memilih terjemahan Bahasa Indonesia yang disediakan oleh Kementrian Agama Indonesia.

Tersedia beberapa fitur untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam membaca, seperti mengatur ukuran teks, memilih gaya teks atau font, dan mengatur audio dari suara ayat yang diputar. Selengkapnya silakan cek langsung pada websitenya di alamat Al-Quran.Info

5. QuranWeb

Gambaran dari Situs Web QuranWeb

QuranWeb memiliki kelehihan yang sama seperti WorldQuran dan LiteQuran, yaitu sederhana dan ringan untuk diakses. Ada fitur pencarian dan juga mode malam. Selain itu pengguna bisa menandai ayat yang terakhir kali dibaca supaya nantinya itu bisa dilanjutkan apabila browser ditutup.

Salah satu kelebihan lainnya adalah situs web ini 100% open source, jadi keseluruhan kodenya dapat dilihat langsung dari Github. Tertarik untuk mengetahuinya? Kunjungi langsung situs QuranWeb

Baca juga: Kumpulan Website Penyedia Jadwal Sholat & Imsak

Dari lima situs web di atas, kira-kira kamu memilih yang mana? Pastinya semua itu tergantung dari selera masing-masing. Ada yang ingin tampilan yang sederhana, fitur yang banyak, atau mungkin berdasarkan tampilan websitenya atau font arab yang disediakan. Untuk itu, silakan langsung dicoba satu per satu.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *