Cara Mengaktifkan Fitur Terjemahan di Telegram

Fitur terjemahan kerap hadir di berbagai aplikasi karena semakin maraknya pengguna di seluruh dunia. Seperti di Telegram, terdapat grup yang memiliki puluhan ribu anggota dari berbagai penjuru dunia, oleh karena itu fitur terjemahan ini hadir untuk pengguna yang memiliki keterbatasan bahasa atau kesulitan dalam memahami bahasa tertentu.

Contohnya ketika bergabung ke suatu channel di Telegram yang rata-rata memberikan informasi dengan bahasa Inggris. Jadi yang harus dilakukan hanyalah menekan chat tersebut dan setelah itu memilih opsi terjemahkan, dan akhirnya hasil teks terjemahan akan muncul.

Namun fitur terjemahan ini tidak aktif secara default sehingga harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum bisa untuk mulai menggunakannya. Di sini akan saya jelaskan tutorial untuk menghidupkan fitur tersebut, silakan simak baik-baik mulai dari sini.

Mengaktifkan Fitur Terjemahan di Telegram

Ada dua jenis fitur terjemahan yang hadir di Telegram. Untuk pengguna gratis, fitur ini berupa opsi terjemahan seperti yang dibahas di awal tadi. Sedangkan untuk pengguna premium atau berbayar, maka fitur ini bisa otomatis menerjemahkan setiap chat yang menggunakan bahasa selain Bahasa Indonesia.

Langsung saja berikut ini tata cara mengaktifkan fiturnya:

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Ketuk opsi Strip Tiga, dan menuju Pengaturan.

    Menuju Pengaturan Telegram

  3. Gulir ke bawah dan pilih menu Bahasa.

    Pilih menu Bahasa di Telegram

  4. Selanjutnya aktifkan pada opsi Tampilkan Tombol Terjemahan.

    Mengaktifkan Fitur Terjemahan pada Telegram

  5. Jika sudah aktif, silakan ketuk salah satu chat, dan pasti nantinya akan muncul opsi Terjemahkan.

    Ketuk Opsi Terjemahkan

  6. Selesai, kini fitur ini telah aktif dan kamu telah berhasil menggunakannya.

    Fitur Terjemahan Telah Berhasil Aktif dan Bisa Digunakan

Telegram Menggunakan Google Translate untuk Menerjemahkan Chat

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, layanan apa yang digunakan Telegram untuk hal ini, dan pada dasarnya mereka menggunakan Google Translate. Perlu diketahui bahwa terkadang suatu chat memiliki tingkat privasi yang tinggi, jadi tidak seharusnya untuk diterjemahkan menggunakan layanan pihak ketiga.

Mengapa demikian? Karena Google dapat mengetahui data pesan tersebut walau mereka tidak menyimpannya. Sesuai yang dijelaskan pada Telegram, berikut ini gambarannya:

Telegram Menggunakan Google Translate Terhadap Fitur Terjemahan

Bukan berarti saya melarang untuk menggunakan fitur ini, namun terkadang seseorang ingin agar privasinya di internet terjaga semaksimal mungkin sehingga data-data itu tidak sampai masuk ke pihak yang tidak dikenal.

Google juga merupakan perusahaan yang amat ternama, dan sesuai pada ketentuan yang mereka jelaskan pada layanan Google Translate, bahwa data-data pengguna tidak akan disimpan.

Baca juga: Cara Mematikan Download Otomatis di Telegram

Kesimpulan

Fitur terjemahan di Telegram sangat berguna untuk pengguna yang memiliki keterbatasan bahasa atau kesulitan dalam memahami bahasa tertentu. Namun, fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum bisa digunakan.

Dan pengguna juga perlu mempertimbangkan bahwa Google Translate adalah layanan pihak ketiga dan bisa mengakses data pada chat yang diterjemahkan. Oleh karena itu, setiap pengguna harus memastikan untuk menjaga privasi mereka sendiri.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *