≡ Menu

Mengatasi Browser Tidak Bisa Putar Video Streaming di Linux

Mengatasi Browser Tidak Bisa Putar Video Streaming di Linux

Memutar video di internet memang lebih praktis dibandingkan harus mengunduhnya terlebih dahulu. Namun untuk melakukan itu, pastinya perangkat tersebut harus mendukung terhadap media yang diputar, sebab apabila tidak, pastinya video tersebut takkan bisa ditonton dan justru muncul opsi untuk mengunduhnya.

Jika kamu mengalami hal seperti ini di komputer berbasis Linux (Ubuntu, Debian, dll), kemungkinan besar masalahnya hanya pada codec video saja. Karena codec tersebut bertujuan sebagai alat untuk men-decoding video tersebut supaya bisa diputar.

Jadi solusi yang bisa kamu lakukan adalah cukup memasang seluruh codec video tersebut. Pastinya jika memasang satu-per-satu akan memakan waktu yang sangat lama, namun disini Saya akan saya jelaskan bagaimana cara paling cepat untuk melakukannya.

Solusi Browser Tidak Bisa Memutar Video Streaming pada Linux

Kamu hanya perlu menginstall FFMPEG, itu merupakan program yang menyediakan berbagai macam library untuk segala file media, juga termasuk codec video. Tapi apabila sebelumnya kamu telah menginstalnya, maka sangat disarankan untuk menginstalnya ulang.

Berikut ini perintah untuk menginstall ulang, silakan terapkan sesuai pada OS yang kamu gunakan.

UBUNTU & DEBIAN

sudo apt install ffmpeg -y

ARCH

sudo pacman -S ffmpeg

FEDORA, RHELL 8 & CENTOS 8

sudo dnf install ffmpeg

CENTOS 7

sudo yum install ffmpeg ffmpeg-devel

OPENSUSE & SLES

sudo zypper in ffmpeg-4 x264 x265

Setelah selesai memasang FFMPEG, silakan coba tes pada situs web HTML5Test. Cek pada bagian Video Codecs > MP4 with H.264 support pastikan itu telah tertulis Yes.

Atau kamu juga bisa langsung menuju ke situs streaming yang akan digunakan, milsalnya Twitch, Youtube, dan lain-lain. Apabila itu bisa diputar tanpa ada kendala, itu berarti ffmpeg telah terpasang tanpa ada kendala.

Sementara itu jika sudah menginstall ffmpeg namun masih tetap tak bisa memutar video streaming, maka saya sarankan untuk me-reboot terlebih dahulu perangkatnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di Android

Kesimpulan

Kendala tak bisa memutar video streaming pada dasarnya disebabkan karena codec video masih belum terpasang pada komputer. Jika di Linux, cara termudah adalah dengan memasang program FFMPEG.

Sekilas tentang FFMPEG, program tersebut tidak memiliki GUI dan hanya bekerja dari CLI (Command Line Interface). Dan selain membaca codec video, program tersebut mampu digunakan untuk melakukan konversi format video atau audio dengan cepat.

Apabila sekiranya kamu memiliki pertanyaan atau tambahan mengenai tutorial diatas, sangat dipersilakan untuk melontarkannya pada kolom komentar dibawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap