Mengatasi Kuota GamesMax Tidak Bisa Digunakan

Mengatasi Kuota GamesMax Tidak Bisa Digunakan

Beberapa waktu yang lalu, saya mencoba membeli paket kuota GamesMax bulanan melalui aplikasi My Telkomsel yang memiliki harga 25 ribu rupiah, di mana kuota yang ditawarkan adalah 10GB untuk game, dan 1.5GB untuk kuota reguler. Serta pengguna juga mendapatkan bonus beberapa diamond di dalam game sesuai paket yang dipilih.

Namun setelah beberapa hari sejak saat itu, saya menyadari bahwa kuota game tersebut tidak terpakai sama sekali dan menetap pada angka 10GB. Padahal tingkatan pemakaian kuota sangat jelas bahwa kuota game akan digunakan lebih dulu. Jadi semenjak saat itu, saya mulai menelusuri penyebabnya.

Setelah berkeliaran di internet ke sana kemari, akhirnya saya menemukan penyebab pasti terkait mengapa kuota GamesMax tidak bisa digunakan sama sekali. Jadi apabila selama ini kamu bermain game selalu menggunakan kuota reguler, maka di sini akan saya beberkan alasannya dan sekaligus solusinya.

Solusi Kuota GamesMax Tidak Bisa Digunakan

Beberapa solusi ini dapat kamu terapkan supaya kuota GamesMax bisa digunakan dan tidak sia-sia terbuang. Karena untuk apa membeli paketnya apabila tidak bisa dipakai, bukankah begitu? Baiklah, langsung saja simak beberapa solusinya mulai dari yang paling awal.

1. Game Harus di Boost Melalui Aplikasi Dunia Games

Sebagian orang tidak teliti (termasuk saya pada saat itu) bahwasanya ketentuan dari penggunaan kuota GamesMax didasari oleh aplikasi Dunia Games. Berikut ini gambaran yang saya ambil dari ketentuan tersebut.

Ketentuan Game Harus di Boost di Dunia Games

Dengan begitu, pengguna harus memasang aplikasi Dunia Games, bisa lewat Play Store atau langsung di situs webnya. Dan kemudian yang harus dilakukan setelahnya adalah memilih game yang akan di Boost. Nah setelah game berhasil diluncurkan, mulai dari sekarang Kuota GamesMax akan terpakai.

2. Pastikan Memiliki Kuota Reguler

Kuota reguler bertujuan untuk membuka aplikasi Dunia Games beserta proses login dan update di dalam game. Jadi bisa disimpulkan bahwa yang di white-list oleh operator adalah server saat permainan dimulai.

Sedangkan untuk proses login dan pembaruan di dalam game, biasanya itu tidak termasuk. Maka dari itu, kuota reguler di sini masih terbilang penting untuk bisa menggunakan Kuota GamesMax. Jadi minimal kuota reguler jangan sampai habis duluan.

3. Memperbaiki Setelan APN dan Menonaktifkan DNS Pribadi

Selanjutnya berhubungan dengan setelan jaringan, khususnya APN (Access Point Name). Jika terdapat kesalahan pada saat mengaturnya, misalnya menambahkan proxy sendiri, tentunya hal tersebut menjadi penyebab utama.

Sebagai saran, silakan atur ulang setelan APN melalui pengaturan jaringan dan ubah APN menjadi internet. Untuk setelan lainnya biarkan default alias tidak perlu diubah lagi.

Kemudian pastikan pula bahwa ponsel tidak sedang mengaktifkan DNS Pribadi. Karena itu nyaris seperti mem-proxy jaringan menggunakan TLS, sehingga koneksinya tidak langsung ke host tujuan, melainkan ke server DNS terlebih dahulu.

Setiap ponsel memiliki menu yang berbeda-beda, namun kamu dapat mencari keseluruhan opsi itu di pengaturan ponsel, tepatnya di bagian konektivitas atau jaringan seluler.

4. Ketahui Game yang Didukung pada Paket GamesMax

Yang terakhir, ketahuilah game yang didukung terhadap paket ini. Pastinya tidak semua game didukung dan hanya sebagian. Berikut ini daftar keseluruhannya:

  • Free Fire
  • Mobile Legends
  • Arena of Valor
  • ShellFire
  • PUBG Mobile
  • Ragnarok X
  • Roblox
  • Pokemon Go

Selain game di atas tentunya akan memakan kuota reguler pada saat memainkannya. Jika menurut saya sendiri, beberapa game di atas sudah cukup banyak dan itu merupakan game yang populer dimainkan di Indonesia.

Baca juga: Cara Menghentikan Layanan Konten Kartu Telkomsel

Kesimpulan

Kuota GamesMax hanya bisa digunakan untuk beberapa game saja dan tidak untuk semuanya, selain itu game yang dimainkan harus di boost terlebih dahulu supaya bisa menggunakan kuota GamesMax.

Sementara itu, kuota reguler masih dibutuhkan untuk keperluan login dan pembaruan yang terjadi di dalam aplikasi. Sebab kuota GamesMax hanya akan digunakan pada saat game berlangsung.

Dan menurut saya pribadi, hal ini cukup ribet bagi para pelanggan yang membeli paket ini. Karena selain harus memasang aplikasi Dunia Games terlebih dahulu, pengguna juga harus memiliki kuota reguler. Apalagi terdapat kasus di mana nomor tidak terdeteksi di aplikasi Dunia Games sehingga tidak bisa melakukan boost terhadap game.

Jadi silakan pikir-pikir kembali apabila ingin membeli paket GamesMax, karena berdasarkan review para pelanggan, kebanyakan dari mereka mengeluh terkait hal ini.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *