Apa itu Kuota Multimedia Telkomsel?

Apa itu Kuota Multimedia Telkomsel?

Telkomsel memisahkan dua golongan jenis paket, yang pertama ada kuota reguler, dan yang kedua adalah kuota multimedia atau kuota aplikasi. Jika semua orang sudah paham terkait kegunaan dari kuota reguler, namun sayangnya tidak dengan kuota multimedia.

Kuota multimedia sangat cocok bagi pengguna yang suka menonton video, bermain game online, atau mendengarkan musik secara streaming. Selain itu terdapat syarat dan ketentuan yang berbeda-beda terhadap penggunaan dari paket yang memiliki kuota multimedia di dalamnya, seperti menentukan layanan multimedia apa saja yang dapat diakses dengan kuota tersebut.

Jenis-jenis Kuota Multimedia di Kartu Telkomsel

Jika dihitung, ada banyak paket internet yang memiliki kuota multimedia di dalamnya, contohnya seperti Paket Combo SAKTI yang menawarkan akses ke layanan multimedia seperti WhatsApp, LINE, MusicMAX, GamesMAX, Facebook, Instagram, TikTok, dan Zoom.

Itu hanya contoh dari satu paket saja, sedangkan telkomsel memiliki banyak paket internet lainnya yang menawarkan kuota multimedia di dalamnya. Dan kecepatan internet pada kuota multimedia masih sama dengan reguler selama tidak melewati batas FUP. Dan apabila melewati batas FUP, kecepatannya akan dikurangi dari 128kbps hingga paling lambat 64kbps.

Berikut ini beberapa paket internet yang memiliki kuota multimedia di dalamnya:

  • Paket Internet OMG
  • Paket HOTPromo (sebagian)
  • Paket Sehat
  • Paket Pendidikan
  • Paket Zoom Pro
  • Paket Combo Sakti
  • Paket InternetMax (sebagian)
  • Paket Ketengan (kecuali ketengan utama)
  • Dan seluruh Paket Entertainment

Penggunaan Kuota Multimedia Telkomsel

Kuota multimedia pada umumnya akan aktif secara otomatis dan bisa langsung digunakan setelah pembelian. Namun penggunaan kuota multimedia ini harus memperhatikan syarat dan ketentuan dari masing-masing paket, karena seperti yang saya katakan di atas tadi bahwa tidak semua aplikasi multimedia selalu didukung, alias tergantung dari paket yang dibeli.

Setiap paket kuota biasanya memiliki prioritasnya masing-masing, sehingga penting bagi pengguna untuk memperhatikan hal ini agar tidak kecewa saat tidak mendapatkan layanan yang diinginkan.

Maksud dari prioritas adalah penggunaan kuota lebih dulu. Terkadang pada beberapa paket internet lebih memprioritaskan kuota reguler lebih dulu sebelum bisa menggunakan kuota multimedia, salah satu contohnya ya di paket combo sakti. Namun ada pun yang lebih memprioritaskan kuota multimedia dulu pada paket tertentu.

Informasi terkait prioritas ini muncul pada bagian syarat dan ketentuan sebelum membeli paket, atau pengguna bisa langsung menanyakan ke Customer Service supaya lebih meyakinkan.

Baca juga: Cara Membeli Masa Aktif Kartu Telkomsel

Kesimpulan

Kuota multimedia dapat dimanfaatkan untuk mengakses beberapa aplikasi sesuai ketentuan dari paket internet yang dibeli. Ini sangat berguna bagi sebagian orang, misalnya pelajar yang dapat berlangganan paket pendidikan yang mana dapat mengakses segala aplikasi pendidikan dengan kuota multimedia tersebut tanpa memotong kuota reguler.

Tapi tetap ingat terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku ya, khususnya di bagian prioritas. Karena banyak orang yang tidak memerhatikan hal tersebut sehingga mengira kuota multimedia tidak bisa digunakan untuk apapun.

Sekian informasi yang dapat saya bagikan pada artikel ini, semoga bermanfaat bagi para pelanggan Telkomsel.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *