Cara Membeli Paket Kuota Belajar di Telkomsel

Semenjak adanya pandemi di tahun 2019 lalu, beberapa kartu seluler menyediakan akses terhadap paket kuota belajar dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan membeli paket internet tersebut, pengguna bisa mengakses beragam aplikasi dan situs web edukasi.

Di Telkomsel, paket kuota belajar memiliki harga yang berbeda-beda di setiap wilayah. Seluruh daftar harga tersebut pada dasarnya telah diumumkan pada website Telkomsel. Jadi ada yang lebih murah, dan ada pula wilayah tertentu yang harganya lebih mahal dari normal.

Pembelian paket belajar dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu melalui situs web Telkomsel, aplikasi MyTelkomsel, atau menggunakan aplikasi Ilmupedia.

Tutorial Membeli Paket Kuota Belajar pada Telkomsel

Kamu dapat memilih cara mana yang paling mudah untuk dilakukan dari ketiga yang telah saya sebutkan di atas. Dan tidak menunggu lama lagi, berikut ini langkah-langkah pembeliannya.

1. Beli Paket Kuota Belajar Melalui MyTelkomsel

Pastikan kamu telah menginstal aplikasi MyTelkomsel dan masuk menggunakan nomor Telkomsel yang saat ini sedang digunakan. Apabila kondisinya sudah masuk, silakan ikuti langkah berikut untuk memulai proses pembelian:

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel.
  2. Ketuk menu Shop.

    Ketuk Menu Shop

  3. Setelah itu geser-geser menu paket internet sampai bagian Pendidikan.

    Pilih Menu Pendidikan

  4. Lalu pilih kuota belajar yang diinginkan beserta jangka waktunya, antara Ketengan Belajar, Ilmupedia, Ruangguru, dan lain-lain.
  5. Jika sudah memilih, lanjutkan untuk meng-konfirmasi pembayaran.

    Konfirmasi Pembayaran

  6. Dan selesai, kini paket kuota belajar telah berhasil diaktifkan.

Dari masa aktif, total kuota, dan informasi aplikasi edukasi yang didukung dapat dilihat dengan mudah melalui aplikasi MyTelkomsel. Itulah mengapa metode ini saya jadikan yang pertama, karena lebih mudah dibandingkan yang lainnya.

2. Beli Paket Kuota Belajar dari Aplikasi Ilmupedia

Ilmupedia merupakan aplikasi besutan Telkomsel yang menyediakan artikel, video, game, dan lain-lain di dalamnya. Tetapi pengguna juga bisa langsung membeli paket kuota belajar melalui aplikasi tersebut dan caranya pun juga mudah.

Sebelum memulainya, silakan download aplikasi Ilmupedia di Play Store, dan kemudian ikuti caranya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Ilmupedia.
  2. Setelah itu ketuk pada menu Beli Paket.
  3. Lalu pilih kuota dan jangka waktu yang diinginkan.
  4. Setelah memilih, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor Telkomsel untuk menerima kode OTP.
  5. Masukkan kode OTP yang masuk melalui SMS, dan setelah itu lakukan pembayaran.
  6. Dan akhirnya selesai, paket kuota belajar berhasil diaktifkan.

Satu hal yang perlu diketahui adalah harga paket yang tertera pada aplikasi Ilmupedia mengikuti harga yang ada di aplikasi MyTelkomsel, itu tandanya tidak ada perbedaan harga ketika membeli di kedua aplikasi tersebut.

3. Beli Paket Kuota Belajar dari Situs Web Telkomsel

Metode pembelian terakhir adalah melalui situs web. Langkah ini juga lumayan mudah dan pengguna bisa melihat harga yang sesuai terhadap wilayah saat ini.

Caranya, silakan klik halaman Pembelian Kuota Belajar. Kemudian pilih jangka waktu paketnya, dan dilanjutkan memilih wilayah atau daerah yang sesuai. Lalu klik tombol Beli pada kuota yang dipilih.

Membeli Paket Kuota Belajar di Website Telkomsel

Maka nantinya kamu akan dialihkan ke halaman konfirmasi, jadi cukup ketik nomor telepon yang dipakai untuk menerima paket tersebut, dan kemudian masukkan pula alamat email untuk menerima faktur atau bukti pembayaran, dan setelah itu klik tombol Pilih Pembayaran.

Selanjutnya lakukan pembayaran sesuai dari metode yang dipilih, dan paket kuota belajar akan langsung dikirimkan ke nomor yang telah dicantumkan tadi.

Harga yang tertera pada situs web juga mengikuti harga yang ada di aplikasi MyTelkomsel. Harap untuk memilih wilayah yang benar supaya tidak ada kesalahan dalam proses transaksi nantinya.

Baca juga: Solusi Sinyal Telkomsel Hilang-Hilang Sendiri

Jika pun kamu memiliki kendala seperti paket kuota belajar tidak kunjung diterima walau pembayaran telah berhasil, silakan tanyakan itu pada Costumer Service Telkomsel melalui sosial media, panggilan telepon, atau live chat pada website.

Sekian tutorial yang dapat saya berikan, jadi apakah kamu sudah memilih paket kuota belajar sesuai yang diharapkan? Jika saya sendiri lebih sering menggunakan yang 28Gb per 7 hari karena mencukupi untuk keperluan video call di Google Meet dan menonton video tutorial dengan kualitas yang lebih baik di situs semacam Udemy.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *