Mengatasi Download Resource Mobile Legends Tidak Berjalan

Pembaruan resource yang diterapkan pada Mobile Legends tidak lah menentu, itu bisa berjalan ketika adanya hero baru, awal season, event terkini, dan hal-hal yang lainnya. Ukuran dari pembaruan tersebut juga bervariasi, terkadang bisa rendah dan bisa juga tinggi tergantung dari jenis pembaruannya.

Contohnya ketika adanya event kejuaraan dunia, ukuran pembaruan yang diterapkan pada game sangat besar. Hal tersebut disebabkan karena banyak resource yang terlibat, contohnya seperti map, skill, hero, dan sebagainya.

Masalahnya, terkadang proses pembaruan itu terhenti dan tidak berjalan meski koneksi internet terbilang stabil. Dan parahnya lagi, kejadian ini memberikan efek buruk pada PING saat bermain, seolah proses download masih berjalan dan tidak di-pause (jeda) secara otomatis.

Solusi Download Pembaruan Mobile Legends Tidak Berjalan

Karena masalah ini mempengaruhi tingkat kenyamanan dalam bermain, maka sebaiknya untuk segera diatasi. Walau sebenarnya masalah ini bisa diatasi langsung dengan memasang ulang game Mobile Legends, tapi itu bukan pilihan yang benar karena kuota akan terbuang sia-sia untuk mengunduh kembali resourcenya dari nol.

Untuk itu, disini saya akan bagikan beberapa solusi untuk mengatasi masalah ini. Silakan simak dengan baik mulai dari sini.

1. Bersihkan Cache dari Game Mobile Legends

Di Pengaturan Mobile Legends tersedia opsi untuk menghapus cache secara cermat. Kebanyakan orang yang mengalami masalah download macet atau tidak berjalan ini disebabkan karena adanya cache ini. Sehingga ketika itu dihapus, proses download dapat berjalan normal kembali.

Untuk menghapusnya, silakan menuju Pengaturan (ikon roda gigi), dan setelah itu ketuk pada tombol Deteksi Jaringan, lalu pilih menu Bersihkan Cache dan lanjutkan untuk menekan tombol Bersihkan.

Membersihkan Cache di Game Mobile Legends

Kemudian kamu akan diminta untuk me-restart game Mobile Legends, silakan klik OK dan setelah itu silakan cek kembali apakah proses download bisa berjalan normal pada saat cache sudah terhapus.

2. Perbarui Aplikasi Mobile Legends di Play Store atau Apps Store

Pembaruan aplikasi dan resource memang dua hal yang berbeda. Namun untuk membuat resource itu mendukung penuh pada game, sangat disarankan pula untuk tetap memperbarui versi aplikasinya melalui Play Store atau Apps Store.

Notifikasi Pembaruan di Mobile Legends

Apalagi jika game telah memperingatkan pembaruan ini melalui kotak masuk (pesan), itu tandanya kamu diharapakan untuk sesegera mungkin memperbaruinya. Selain mendapatkan kestabilan, segala pembaruan aplikasi juga memiliki sisi positif pada perangkat seperti menghilangkan kesalahan yang sebelumnya pernah terjadi.

3. Cek Konektivitas atau Gunakan Jaringan Internet yang Berbeda

Proses unduhan sangat mengandalkan konektivitas internet yang stabil. Jika koneksi terindikasi lambat, maka proses unduhan pun juga akan mengalami hal yang sama. Tapi masalah ini juga bisa disebabkan dari sisi paket internet yang digunakan saat ini, contohnya paket kuota game.

Ada beberapa operator yang menyediakan paket kuota game yang tidak mengizinkan proses unduhan resource di dalam game, yang mana ini merupakan kesalahan whitelist IP atau Host pada operator tersebut.

Untuk itu, saya sarankan pula untuk mengubah jaringan internetnya, contohnya seperti memakai WiFi publik. Atau bisa pula meminta tethering hotspot milik saudara/teman sebentar untuk mengetes proses download berjalan atau tidak sama sekali.

Baca juga: Trik Memberi Warna pada Chat atau Nickname Mobile Legends


Kebanyakan orang berhasil mengatasi masalah ini dengan menghapus cache yang menempel pada game sesuai solusi paling utama di atas. Dan versi aplikasi yang tergolong lama juga memungkinkan menjadi penyebab masalah ini, sehingga saya juga menyarankan untuk memperbaruinya seketika ada notif muncul di kotak masuk.

Itu saja beberapa solusi yang dapat saya bagikan. Jika sekiranya kamu memiliki pertanyaan atau barangkali solusi selain di atas, sangat dipersilakan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *