Cara Menghapus File Sampah pada Mobile Legends

Setiap aplikasi dan game yang terpasang pada ponsel akan selalu meninggalkan file sampah yang tidak bisa langsung terlihat. Salah satu contohnya adalah file cache, itu tersimpan pada direktori aplikasi yang berguna untuk meningkatkan akselerasi aplikasi atau game pada saat membuka konten di dalamnya.

File cache hanya sebagai contoh saja, sedangkan pada game Mobile Legends terdapat beberapa jenis file sampah yang memungkinkan kamu simpan sampai sekarang. Jika file sampah terus menumpuk, tentunya ukuran game Mobile Legends akan meningkat dan membuat ruang penyimpanan menjadi penuh.

Syukurnya Mobile Legends telah menanggapi kritik terkait ukuran game yang terus membesar ini, yaitu dengan menghadirkan fitur penghapusan file sampah yang menumpuk. Dengan begitu, ponsel kamu akan menghemat sekitar 1 sampai 2 GB total penyimpanan dari game Mobile Legends saat ini.

Menghapus File Sampah yang Menumpuk di Mobile Legends

  1. Pertama-tama, silakan buka game Mobile Legends.
  2. Setelah itu ketuk pada ikon Pengaturan di bagian atas.

    Ketuk Ikon Pengaturan

  3. Lalu pilih opsi Deteksi Jaringan.

    Pilih Opsi Deteksi Jaringan

  4. Kemudian ketuk pada menu Hapus Data yang Menumpuk.

    Ketuk Menu Hapus Data yang Menumpuk

  5. Hampir selesai, tekan tombol Mulai dan tunggu prosesnya sampai selesai.

    Menghapus File Sampah yang Menumpuk pada Mobile Legends

  6. Jika proses pemindaian sampah telah selesai, tekan lagi tombol Mulai Hapus.
  7. Selesai, kini file sampah pada Mobile Legends telah berhasil dihapus.

Proses pemindaian file sampah pada Mobile Legends tertulis 5 sampai 10 menit, namun pada dasarnya itu bisa mencapai sekitar 20 sampai 30 menit. Jadi selama prosesnya berjalan, silakan tunggu saja dan tidak perlu keluar dari game.

Pada akhirnya ketika pemindaian sudah selesai, kamu akan diminta untuk menekan tombol konfirmasi penghapusan. Pada proses ini, waktu yang dibutuhkan hanya hitungan menit saja. Dari pengalaman saya sendiri, keseluruhan proses pemindaian dan penghapusan berlangsung kurang lebih 30 menit.

Baca juga: Cara Melihat Teman yang Tidak Follow di Mobile Legends

Apa yang Menyebabkan Ukuran Game Mobile Legends Semakin Besar?

Tak hanya sekedar file cache saja, justru ukuran game ini terus bertambah besar adalah pembaruan yang dilakukan tiap bulan. Pembaruan itu bisa meliputi hero baru, skin baru, map baru, mini game yang baru, dan sebagainya.

Jadi semakin banyak pembaruan yang dilakukan oleh developer, memungkinkan ukuran game akan semakin meningkat dan pastinya pengguna dengan ponsel spesifikasi rendah akan merasakan efek terkait hal ini. Efek tersebut seperti stutering, lag, freeze, dan sebagainya.

Tak cuma Mobile Legends saja kok, di game-game lainnya pun juga selalu menerapkan pembaruan guna untuk membuat para pemain betah di game tersebut. Salah satu game yang menurut saya populer dengan ukuran paling ekstrim adalah Genshin Impact, dengan rata-rata 15GB total penyimpanan. Sementara rata-rata Mobile Legends saat ini adalah 6GB.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *