Cara Mengirim Pesan Pribadi ke Player Tertentu di Growtopia

Lagi-lagi membahas tentang game Growtopia. Bagi pemain baru, mungkin akan sedikit sulit untuk menjelajahi keseluruhan fitur yang ada di dalamnya, mengingat tutorial yang dijelaskan pada awal kali permainan hanyalah teknik menanam atau farming saja.

Salah satu fitur yang menurut saya tergolong penting di game ini adalah mengirim pesan ke teman ataupun player lain. Jadi bukan hanya sekedar mengirim pesan layaknya chat biasa, tapi ini dikhususkan untuk pengiriman pribadi, sehingga tidak ada orang lain yang mengetahui isi pesan tersebut.

Salah satu kegunaan dari fitur ini adalah untuk mendapatkan respon lebih cepat terhadap suatu player ketika dia sedang online. Karena ketika ada pesan pribadi yang masuk, nada pada game akan berbeda terhadap penerima pesan.

Mengirim Pesan Pribadi ke Suatu Player di Growtopia

Growtopia menyediakan dua cara untuk bisa mengirim pesan secara pribadi ke player siapapun. Jadi di sini saya akan membagikan langkah-langkahnya dan kamu bebas memilih cara mana saja yang tergolong mudah untuk dilakukan.

1. Kirim Pesan Pribadi ke Teman Melalui Menu

Yang pertama adalah mengirim pesan pribadi khusus untuk ke teman yang telah ditambahkan. Ini relatif mudah karena terdapat menu dalam melakukannya, jadi cuma butuh beberapa tap atau klik saja dan pesan tersebut akan terkirim. Selengkapnya silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Klik ikon Social Portal. Berikut contohnya:

    Klik Ikon Social Portal

  2. Kemudian klik menu Show Friends.

    Klik Menu Show Friends

  3. Pilih salah satu teman yang ingin dikirimi pesan.

    Memilih Teman untuk Dikirimi Pesan

  4. Lalu pilih menu Send Message.

    Pilih Menu Send Message

  5. Dialog akan tampil, silakan tulis pesan yang ingin dikirimkan.

    Cara Kirim Pesan Pribadi ke Teman di Growtopia

  6. Klik tombol Submit dan pesan pribadi berhasil terkirim.

Mohon diingat kembali, bahwa cara di atas khusus untuk mengirim pesan pribadi ke teman, sedangkan untuk cara mengirim pesan pribadi ke selain teman, silakan ikuti metode ke-2 dibawah ini.

2. Kirim Pesan Pribadi ke Player Tertentu Melalui Command

Cara yang kedua ini menggunakan fitur command atau perintah yang ada di Growtopia. Menurut saya, cara ini lebih cepat karena kita hanya perlu mengetik saja pada kolom chat. Dan berikut ini contoh perintahnya:

/msg usertujuan isipesan

Cukup ubah usertujuan dengan username player tujuan, dan ubah juga isipesan dengan kalimat pesan yang ingin kamu kirimkan.

Untuk awal kalinya mungkin sedikit ribet, akan tetapi lama-kelamaan kamu akan terbiasa dalam melakukannya. Sebagai percobaan, cobalah kirim pesan pribadi ke teman yang ada di sampingmu menggunakan metode command ini. Jika pesan berhasil terkirim, berarti kamu telah mengerti cara fitur ini bekerja.

Baca juga: Cara Cepat Mendapatkan World Lock di Growtopia

Kesimpulan

Mengirim pesan pribadi di Growtopia dapat dilakukan dengan dua cara. Yang pertama adalah melalui menu, dimana fitur tersebut lebih dikhususkan untuk teman. Sedangkan cara kedua dapat dilakukan melalui command, dimana fitur ini bisa diterapkan untuk segala player yang bukan teman sekalipun.

Pengiriman pesan pribadi ini sangat penting, karena dapat melakukan komunikasi secara cepat di world yang berbeda. Contohnya dalam berbisnis jual beli suatu item, seperti menghubungi player supaya dia membeli itemnya, atau barangkali menghubungi pemilik world untuk menurunkan harga suatu item apabila ia setuju.

Apabila ada yang ingin ditanyakan terkait tutorial di atas, silakan berkomentar untuk mendapatkan solusinya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *