Cara Mengatasi Kursor Tidak Muncul di Layar

Mouse memiliki kegunaan yang sangat penting pada PC, dimana alat tersebut digunakan untuk mengontrol hampir untuk segala hal pada layar. Adapun alternatif dari mouse yaitu adalah Touchpad, akan tetapi alat tersebut rata-rata hanya tersedia di perangkat laptop saja.

Mouse bisa saja bermasalah, contohnya seperti tidak menampilkan kursor pada tampilan layar. Walau itu terlihat seperti masalah kecil, akan tetapi sebenarnya itu adalah masalah besar, karena penggunaan PC tidak akan lengkap tanpa adanya mouse.

Beberapa orang mungkin akan langsung memikirkan bahwa mouse yang digunakan telah mengalami kerusakan, tapi sebaiknya tidak perlu berpikir sejauh itu selama belum membuktikannya. Karena siapa tahu masalahnya bisa diatasi dengan mudah tanpa harus membeli Mouse yang baru.

Mengatasi Kursor Mouse Tidak Tampil di Layar

Siapa sangka jika masalah ini disebabkan karena masalah driver dan bukan dari kerusakan Mouse. Terdapat beberapa kombinasi tombol yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah ini dengan cepat. Berikut ini tombol kombinasinya:

  • FN+F3
  • FN+F5
  • FN+F9
  • FN+F11

Beberapa kombinasi diatas terkadang memiliki fungsi tersendiri pada sebagian perangkat (khususnya laptop), seperti menghidupkan mode pesawat, menampilkan layar lain, dan sebagainya. Tetapi beberapa dari itu terkadang merupakan fungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Mouse, sehingga patut untuk dicoba.

Setelah menekan tombol kombinasi diatas, silakan coba restart perangkat dan kemudian lihat hasilnya. Cara ini saya dapatkan dari forum Reddit, dimana banyak orang berhasil menggunakan metode ini. Namun apabila cara diatas tidak membantu, silakan coba beberapa solusi dibawah ini.

1. Mencoba dengan Mouse Lain

Tahap pertama untuk mengetahui apakah masalah ini disebabkan dari kerusakan Mouse atau bukan adalah mencobanya langsung dengan Mouse yang lainnya. Jika memakai mouse yang lain kursor-nya masih tidak muncul pada layar, maka bisa dipastikan masalah ini disebabkan dari sisi setelan atau driver.

2. Gunakan Port USB yang Lain

Adakalanya masalah ini juga disebabkan dari kerusakan pada port USB tertentu, maka dari itu silakan coba sambungkan Mouse menggunakan lubang port USB yang lain.

Kerusakan pada port USB dapat mengakibatkan perangkat apa saja yang terhubung melewati lubang itu tidak akan terdeteksi pada PC, sehingga sistem tidak mengenali adanya perangkat yang terhubung.

3. Cek Baterai pada Mouse (Wireless)

Apabila kamu pengguna Mouse Wireless (tanpa kabel), silakan cek baterainya. Karena bisa saja kendalanya disebakan dari daya baterai yang habis dan minta untuk diganti. Rata-rata baterai Mouse Wireless dapat bertahan hingga 1 bulan untuk penggunaan PC setiap hari.

4. Perbarui Driver Mouse

Versi driver yang sudah lawas bisa menjadi penyebab mengapa kursor Mouse tidak tampil pada layar. Dengan memperbaruinya ke versi terbaru akan menghilangkan segala masalah yang ada sebelumnya. Dan berikut ini langkah mudah untuk melakukannya:

  1. Klik tombol WINDOWS+X dan pilih Device Manager atau Manajer Perangkat

    Pilih Device Manager

  2. Setelah itu gulir kebawah sampai bagian Mice and other pointing devices.

    Menuju bagian Mice and Other Pointing Device

  3. Gunakan tombol arah kanan untuk meng-expand atau menampilkan semua drivernya.

    Menampilkan Sub Menu

  4. Setelah itu pilih tekan tombol Shift+F10 pada driver Mouse yang digunakan saat ini.
  5. Dan pilih pada opsi Update Driver.

    Update Driver pada Mouse

  6. Tahap terakhir, pilih opsi Search automatically for drivers.

Sebagai tambahan apabila pada Device Manager mengalami kesulitan tidak bisa menggulir anak panah kebawah, silakan klik tombol TAB terlebih dahulu pada keyboard, dan setelah itu coba gulir lagi.

5. Instal Ulang Driver Mouse

Solusi ini nyaris sama seperti meng-update driver, bedanya pada saat setelah menekan tombol SHIFT+F10 kamu harus memilih opsi Uninstall Device.

Setelah driver berhasil dihapus, silakan restart komputer menggunakan tombol CTRL+ALT+DEL dan setelah itu driver akan dipasang ulang menggunakan versi paling awal pada saat PC melakukan booting.

6. Gunakan Tampilan Bawaan pada Pointer Mouse

Jika kondisinya Mouse masih bisa dipakai untuk meng-klik, misalnya klik kanan berfungsi dengan baik, maka bisa dipastikan masalahnya diakibatkan oleh tampilan kursor saja.

Dengan mengubahnya ke tampilan kursor original atau bawaan, pasti masalah ini akan teratasi. Berikut ini cara untuk mengembalikan tampilan kursor menjadi semula:

  1. Klik tombol WINDOWS+S untuk membuka pencarian.
  2. Selanjutnya ketik pengaturan mouse dan ENTER.

    Ketik Mouse Settings

  3. Setelah itu pilih pada menu Pengaturan mouse tambahan.

    Pilih Menu Pengaturan mouse tambahan

  4. Menuju tab Pointers, dan ubah opsi Scheme menjadi None.

    Mengubah Tampilan Bawaan pada Kursor Mouse

Lalu pilih tombol OK untuk menyimpan pengaturan.

Harap gunakan tombol TAB untuk pemilihan menu, karena tombol anak panah pada pengaturan Windows tidak berfungsi untuk pemilihan menu.

Baca juga: Cara Mengubah Klik Kanan Menjadi Klik Kiri pada Mouse

Kesimpulan

Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi kursor yang tidak muncul pada layar. Itu dimulai dari yang termudah, karena beberapa orang mengalami kendala ini akibat kesalahan sistem sementara alias bukan sesuatu yang parah.

Bahkan meski masalahnya dari sisi driver pun masih bisa diatasi dengan memperbaruinya atau menginstal ulang driver tersebut. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait solusi diatas, kamu bebas untuk menuliskannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *