Mengatasi WiFi Indihome Tersambung Tanpa Internet

Ada kalanya WiFi Indihome dapat tersambung dengan baik di perangkat, tetapi tidak ada jaringan internet yang didapatkan. Hal ini bisa disebabkan dari sisi router dan ISP. Jika kendalanya dari sisi router, maka masalah ini dapat diatasi dengan mudah.

Saat router atau modem WiFi tidak menyalurkan internet, biasanya akan muncul indikator LED berwarna merah berkedip secara terus-menerus. Selama masalah ini tidak disebabkan dari kabel yang terputus, maka kamu dapat mengatasinya secara mandiri tanpa perlu bantuan teknisi.

Mengatasi WiFi Tersambung Tanpa Internet

Beberapa cara di bawah ini dapat kamu ikuti mulai dari yang pertama. Cara yang saya bagikan ini tergolong mudah dan tentunya aman untuk dilakukan, bahkan siapa pun yang belum pernah mengotak-atik modem pun juga akan bisa selama mengikuti langkahnya dengan benar.

1. Restart Router/Modem dan Pasang Ulang Kabel

Me-restart atau memulai ulang router merupakan salah satu solusi yang paling disarankan. Sebab bisa saja masalah ini disebabkan oleh kekliruan sistem sementara, yang mana dapat diatasi dengan mudah hanya dengan memulai ulang saja.

Cara termudah untuk memulai ulang adalah melalui routernya. Jika terdapat tombol restart, silakan ditekan sedikit lama sampai indikator LED berkedip. Tetapi jika tidak ada tombolnya, silakan lepas semua kabel pada router dan kemudian pasang kembali. Harap untuk mematikan listrik terlebih dahulu saat melakukannya supaya aman.

Bagi sebagian orang, me-restart router adalah tindakan yang sepele dalam menyelesaikan masalah, tapi pada dasarnya ini penting untuk mengetahui permasalahannya lebih lanjut apabila setelah melakukannya tidak membuahkan hasil sama sekali.

2. Cek Koneksi WAN pada Halaman Admin

Kita harus memastikan apakah kendala ini disebabkan dari sisi ISP, atau dalam kasus ini adalah Indihome. Jadi yang perlu dilakukan adalah mengecek konektivitas WAN di router melalui halaman admin. Berikut ini caranya:

  1. Buka browser Chrome.
  2. Kunjungi 192.168.1.1.
  3. Masuk dengan username user dan password user.

    Masuk ke Halaman Admin

  4. Setelah itu buka menu Network Interface > WAN Connection.

    Menuju Menu WAN Connection

  5. Pada bagian omci_ipv4_pppoe, pastikan IPv4 Connection Status tertera Connected.

    Melihat Status Koneksi WAN

Jadi apabila status IPv4 tidak tertulis “connected“, maka bisa dipastikan terdapat masalah pada sisi Indihome-nya. Namun berbalik lagi, apabila di sana tertulis connected namun pada perangkat kamu masih belum ada koneksi internetnya, maka bisa disimpulkan masalahnya dari sisi perangkat kamu.

Saya menyarankan untuk menghubungi Indihome melalui telepon atau sosial media apabila kendalanya dari sisi Indihome. Sedangkan apabila kendalanya dari sisi perangkat, silakan lanjut ke solusi berikutnya.

3. Gunakan Perangkat Lain untuk Menyambung WiFi

Kadang satu rumah ada yang memiliki lebih dari satu perangkat kan, entah itu PC, Laptop, dan HP. Silakan coba sambungkan ke salah satu perangkat yang berbeda untuk memastikan apakah kendalanya memang dari sisi perangkat.

Jika ternyata di perangkat lainnya bisa tersambung dengan baik, maka bisa disimpulkan bahwa masalahnya ada di sisi perangkat yang kamu gunakan sebelumnya. Dan menurut saya, itu lebih merujuk ke masalah setelan DNS pada perangkat.

Solusi untuk masalah ini adalah mengatur DNS secara manual pada perangkatnya. Untuk Android Pie keatas, tersedia fitur DNS Pribadi yang bisa diatur melalui pengaturan. Jadi untuk melakukannya, silakan baca dan ikuti tutorial pada artikel dengan judul Cara Menggunakan DNS Pribadi pada Android Pie.

Kesimpulan

Secara keseluruhan hanya ada tiga cara praktis yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah WiFi yang tersambung tanpa ada internet. Melakukan ketiga cara di atas tidaklah sulit, dan hanya butuh beberapa menit saja.

Kecuali jika kendalanya diakibatkan karena kabel fiber yang terputus, maka hanya teknisi saja yang bisa memperbaikinya. Untuk itu, saya tidak menyarankan untuk mengatasi secara mandiri apabila kejadiannya melibatkan kabel yang terputus.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *