Solusi Mouse Tidak Berfungsi Setelah Upgrade Windows 11

Solusi Mouse Tidak Berfungsi Setelah Upgrade Windows 11

Pembaruan terhadap Windows 11 memang banyak yang menantikan, bahkan ketika masih versi beta pun banyak sekali pengguna yang telah mencobanya. Dan sampai sekarang ini Windows 11 telah bisa dinikmati oleh seluruh pengguna.

Saat baru pertama kali melakukan upgrade ke Windows 11, setiap pengguna tidak akan tahu apakah nantinya segalanya normal atau justru terdapat kesalahan tertentu. Rata-rata beberapa pengguna mengalami masalah dimana tombol mouse tidak berfungsi, namun hal ini sangat jarang sekali.

Mouse memiliki peranan yang sangat tinggi terhadap komputer, jadi ketika itu tak bisa digunakan dengan baik, tentunya akan sangat sukar dalam mengoperasikan komputer tersebut. Dari pengalaman saya sendiri, tombol mouse yang tidak berfungsi ada pada sisi samping yang biasa dipakai untuk navigasi maju dan mundur.

Mengatasi Tombol Mouse Bermasalah Setelah Upgrade ke Windows 11

Sebelum memulai langkah-langkah untuk mengatasinya, pastikan terlebih dahulu apakah hal ini terjadi pada semua mouse? Karena bisa jadi masalah yang kamu hadapi merupakan kesalahan dari driver yang belum terpasang. Jadi cobalah dengan mouse yang lain terlebih dahulu.

1. Restart PC

Cara paling termudah dalam mengatasi masalah ini adalah memulai ulang PC, karena siapa sangka kendalanya dari malfungsi sementara pada sistem. Dan biasanya ini terjadi ketika baru pertama kali memasuki Windows 11, jadi terkadang driver yang terpasang sebelumnya tidak 100% langsung aktif.

Ketika me-restart PC, pastikan kabel mouse dicabut terlebih dahulu, dan kemudian ketika proses restart telah selesai, silakan tancapkan lagi dan lihat hasilnya. Apakah kini mouse tersebut sudah bisa diguankan?

2. Cek Keseluruhan File Sistem yang Hilang

Siapa tahu terdapat file sistem yang hilang dengan sendirinya atau disebabkan oleh program lain yang mempengaruhi tombol mouse tak bisa digunakan lagi. Dan solusi untuk itu adalah mendeteksi adanya file sistem yang hilang dan mengembalikannya.

Untuk melakukannya, silakan buka pencarian dan ketik CMD, selanjutnya klik kanan dan pilih Run as Administrator. Kemudian ketik perintah dibawah ini pada CMD:

sfc /scannow

Tunggu prosesnya sampai 100%, dan jika sudah selesai, silakan restart PC dan cek sekali lagi apakah mouse telah berfungsi atau masih belum.

3. Cek Fungsional Mouse dari Safe Mode

Beberapa masalah bisa saja disebabkan oleh program lain yang sedang berjalan. Dan untuk memastikan hal tersebut, kamu bisa mengeceknya dari Windows Safe Mode. Jadi silakan masuk terlebih dahulu ke Safe Mode dengan cara menghidupkan PC sambil menekan tombol F8.

Setelah PC masuk pada safe mode, silakan tes langsung apakah mouse bisa dipakai atau masih bermasalah. Jika bisa dipakai, berarti masalah sebelumnya disebabkan karena adanya program lain yang mungkin terjadi konflik terhadap driver mouse, dan kamu bisa mendeteksi program yang berjalan melalui task manager pada saat keluar dari safe mode.

Namun apabila pada safe mode mouse masih tak berfungsi, maka cara satu-satunya adalah solusi terakhir dibawah ini.

4. Kembali ke Windows 10

Ketika melakukan upgrade ke Windows 11, sistem akan melakukan backup penuh terlebih dahulu, dan itu tersimpan pada folder bernama windows.old. Kegunaannya tidak lain adalah untuk mengembalikan versi Windows ketika terjadi kesalahan yang terbilang fatal, seperti masalah mouse ini.

Tata cara melakukan rollback ke Windows 10 sangatlah mudah, kamu hanya perlu menuju ke menu Settings > System > Recovery dan kemudian klik pada tombol Go Back.

Selama folder windows.old masih ada, opsi untuk kembali ke Windows 10 akan masih ada, serta kamu takkan kehilangan data apapun. Jadi ini 100% aman untuk dilakukan. Sedangkan proses untuk melakukannya kurang lebih 10 sampai 20 menit pada SSD, jika masih menggunakan HDD mungkin sedikit lebih lama.

Baca juga: Cara Mengubah Gaya Pointer Mouse pada PC


Hanya itu saja beberapa solusi yang bisa saya berikan. Jika pada masalah saya sendiri, dimana tombol go dan back pada mouse tidak berfungsi dengan semestinya, itu disebabkan karena terjadi file sistem yang missing (hilang), dan bisa pulih normal setelah melakukan solusi kedua diatas.

Jika kamu lebih memilih untuk kembali ke Windows 10, hal tersebut juga tak masalah sambil menunggu adanya pembaruan lagi pada build Windows 11, biasanya pembaruan tersebut juga menambah pembetulan terkait masalah sejenis ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.