Cara Zoom Layar di Komputer atau Laptop

Windows memiliki fitur untuk melakukan zoom atau memperbesar pada layar, memungkinkan objek yang terlihat kecil dapat diperjelas tanpa harus mendekatkan mata ke layar. Fitur ini dinamai sebagai Magnifier.

Fitur magnifier di Windows telah hadir sejak lama, dan sampai sekarang fitur ini masih bisa digunakan dengan baik. Tapi selain dipakai untuk memperbesar objek atau teks, fitur ini juga sering dipakai orang-orang dalam membuat sebuah tutorial komputer, khususnya dalam bentuk video.

Penggunaan fitur Magnifier juga sangat mudah, dan disini akan saya bagikan bagaimana caranya. Silakan simak dengan baik mulai dari sini.

Memperbesar atau Zoom Layar di Komputer atau Laptop

  1. Buka pencarian Windows.

    Klik Ikon Pencarian Windows

  2. Ketik magnifier dan ENTER.

    Ketik Magnifier

  3. Maka akan muncul dialog, klik pada opsi PLUS (+) untuk memperbesar layar.

    Zoom Layar di Komputer atau Laptop

  4. Dan untuk mengecilkan layar, klik tombol MINUS (-).

Pada saat memasuki mode zoom, sensitivitas mouse akan bertambah dan ini adalah hal yang normal. Sementara itu terdapat maksimal untuk memperbesarnya adalah 1600%. Sedangkan opsi untuk mengecilkan layar terbatas sampai 100% saja, jadi tidak bisa kurang dari itu.

Zoom Layar Memakai Shortcut

Ingin cara cepat dalam melakukan zoom pada layar? Maka terapkan shortcut atau kombinasi tombol pada keyboard. Menurut saya menggunakan kombinasi tombol jauh lebih praktis daripada memakai mouse.

Memperbesar = WIN+(+)
Memperkecil = WIN+(-)

Sebagai intruksi tambahan, kamu hanya perlu menekan tombol WINDOWS sambil menekan tombol PLUS apabila ingin memperbesar atau mendekatkan layar. Sedangkan jika ingin mengecilkan layar supaya kembali ke semula, caranya adalah menekan tombol WINDOWS sambil menekan tombol MINUS.

Apabila kamu bingung tombol plus dan minus itu ada dimana? Itu berada dibagian atas di-samping tombol backspace (hapus). Atau bisa juga memakai tombol yang berada di sisi numlock.

Baca juga: Cara Mengubah Orientasi Layar di Windows 10

Metode ini juga cocok dipakai pada saat merekam video atau bahkan live stream, yang harus dilakukan adalah me-minimize terlebih dahulu dialog kecil dari fitur Magnifier, dan setelah itu memakai shortcut pada saat ingin zoom layar.

Kini kamu telah mempelajari cara untuk melakukan zoom atau memperbesar layar di komputer dan laptop. Jika sekiranya ada pertanyaan terkait tutorial diatas, sangat dipersilakan untuk berkomentar pada kolom yang disediakan dibawah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.