≡ Menu

Cara Mengubah Klik Kanan Menjadi Klik Kiri pada Mouse

Cara Mengubah Klik Kanan Menjadi Klik Kiri pada Mouse

Pada dasarnya klik kiri pada mouse biasa digunakan sebagai tombol utama untuk memilih suatu konteks pada layar, sementara itu klik kanan dipakai untuk menampilkan opsi lain. Tapi pernahkah kamu memikirkan untuk menjadikan fungsional klik kanan sebagai klik kiri?

Itu tidak mustahil pada Windows, namun pastinya akan terasa sedikit aneh ketika menggunakan nantinya. Tapi lama-kelamaan kamu pasti akan mulai terbiasa dalam menggunakannya, dan mungkin itu butuh waktu yang lama.

Tak butuh program lain untuk melakukannya, karena opsi untuk mengubah klik kanan menjadi klik kiri telah disediakan sendiri oleh Windows pada pengaturan, dan di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukannya.

Mengubah Klik Kanan Menjadi Klik Kiri pada Mouse

  1. Buka Windows Settings.
  2. Klik pada menu Devices.

    Klik Menu Devices

  3. Selanjutnya klik menu Mouse.

    Klik Menu Mouse

  4. Pada bagian Select your primary button ubah menjadi Right.

    Mengubah Klik Kanan Menjadi Klik Kiri pada Mouse

  5. Selesai, sekarang klik kanan telah berhasil diubah menjadi klik kiri.

Tidak perlu restart perangkat, karena setelan akan langsung dapat dirasakan setelah mengubahnya. Namun apabila tidak, silakan coba lepas mouse dan kemudian pasang kembali.

Untuk mengubahnya lagi juga sama saja seperti cara diatas, hanya saja kamu perlu mengubah opsi Right menjadi Left. Dan setelah itu tombol pada mouse akan normal seperti semula.

Dan satu lagi, setelan ini tidak hanya berpengaruh pada satu mouse saja, namun untuk segala mouse yang digunakan pada perangkat. Jika kamu hanya ingin mengubahnya pada satu mouse saja, silakan gunakan program bawaan mouse tersebut apabila tersedia.

Baca juga: Solusi Explorer Not Responding Akibat Klik Kanan

Kesimpulan

Mengubah tombol utama (kiri) ke tombol kanan dapat dilakukan langsung pada pengaturan tanpa perlu memakai program lain. Dan setelan tersebut berpengaruh untuk semua mouse yang nantinya dipakai pada perangkat tersebut.

Selain itu, beberapa tipe mouse juga menyediakan opsi yang hanya berpengaruh pada satu mouse itu saja, salah satunya seperti Corsair, yang bisa mengatur segala tombolnya melalui program bernama iCUE.

Teknik ini mungkin lebih dikhususkan bagi pengguna yang ingin nuansa baru dalam menggunakan mouse, atau barangkali sedang mengalami cidera terhadap jari telunjuk. Untuk pertama kalinya mungkin terasa sedikit aneh dan salah dalam mengoperasikan sesuatu, tapi lama-kelamaan kamu akan terbiasa.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap