≡ Menu

Solusi Mouse dan Keyboard Masih Menyala Meski Laptop Dimatikan

Ketika laptop dalam keadaan dimatikan (shutdown), pada dasarnya port USB tidak akan bisa digunakan. Tapi bagaimana jika laptop yang kamu miliki justru berbeda, seluruh port USB dapat dipakai sehingga alat seperti mouse dan keyboard masih menyala.

Hal seperti itu biasanya disebabkan karena laptop tersebut memiliki fitur layaknya powerbank. Jadi meski perangkat telah dimatikan, sebagian kondisi sistemnya masih menyala. Dan fitur tersebut dinamakan Power-Off USB Charging.

Walau tidak semua laptop memiliki fitur ini, namun kamu bisa mengecek di Google, apakah laptop yang kamu gunakan telah mendukung fitur tersebut. Sehingga bisa jadi masalah yang kamu alami disebabkan akibat fitur tersebut.

Mengatasi Mouse dan Keyboard Menyala Meski Laptop Mati

Sehubungan dari banyaknya kendala ini disebabkan karena fitur Power-Off USB Charging, maka yang perlu kamu lakukan adalah menonaktifkan fitur tersebut. Caranya mungkin akan berbeda-beda untuk setiap merk laptop, namun disini akan saya jelaskan caranya untuk laptop jenis Acer.

  1. Buka program Acer Quick Access.

    Buka Acer Quick Access

  2. Perhatikan pada menu Power-Off USB Charging yang sedang aktif.

    Fitur Power-Off USB Charging Menyala

  3. Silakan nonaktifkan dengan cara meng-klik opsi yang ada disebelah menu tersebut.

    Solusi Mouse dan Keyboard Masih Menyala Meski Laptop Dimatikan

Apabila fiturnya sudah dinonaktifkan, silakan coba untuk mematikan laptopnya dan tetap tancapkan mouse atau keyboard pada port USB. Pasti kini mouse/keyboard tersebut tidak akan menyala atau aktif lagi.

Namun apabila sekiranya port USB masih aktif dan memberikan daya listrik, berarti kondisi laptopnya tidak dimatikan sepenuhnya.

Matikan Fitur Fast Startup

Pada dasarnya tidak ada yang salah dari fitur ini, justru akan membuat laptop melakukan booting lebih cepat dari biasanya. Itu karena beberapa program masih berjalan pada proses yang minimal meski keadaan perangkat dimatikan. Sehingga ketika laptop dihidupkan, program tersebut tidak perlu dimulai dari awal.

Mengetahui sistem laptop yang tidak mati secara sepenuhnya memungkinkan kejadian ini yang menyebabkan port USB masih bisa digunakan meski perangkat dalam keadaan mati. Maka dari itu, kamu bisa mencoba untuk menonaktifkannya saja fitur Fast Startup ini dan kemudian melihat hasilnya kembali.

Baca juga: Cara Mengaktifkan CoolBoost di Laptop Acer

Perbarui Versi BIOS

Memperbarui versi BIOS memang beresiko, akan tetapi itu sangat direkomendasikan supaya kinerja perangkat laptop bisa stabil dan juga aman. Dan untuk mendapatkan file BIOS tersebut, kamu bisa mengunduhnya dari website sesuai merk laptop yang digunakan.

Jika kamu ragu untuk memperbarui BIOS, saya sangat menyarankan untuk melakukannya pada service center sesuai merk laptopnya supaya dibantu oleh teknisinya.

Itu saja beberapa solusi yang bisa saya berikan. Kebanyakan pengguna mengalaminya akibat fitur Power-Off USB Charging yang menyala, akan tetapi hal ini juga dapat disebabkan dari hal lainnya seperti yang telah dibahas diatas.

Jika sekiranya kamu memiliki pertanyaan atau tambahan mengenai solusi selain diatas, sangat dipersilakan untuk berkomentar pada kolom yang disediakan dibawah.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap