Trik Menampilkan Jumlah Dislike di Video Youtube

Trik Menampilkan Jumlah Dislike di Video Youtube

Pada sekitar tahun 2021, Youtube mulai menghilangkan tampilan jumlah dislike pada setiap video, sehingga para penonton tidak bisa melihat seberapa banyak orang yang tidak menyukai video tersebut. Namun sebenarnya ada cara lho untuk menampilkan kembali jumlah dislike itu.

Pada dasarnya tidak ada hal negatif dari menampilkan jumlah dislike, justru menurut saya total dislike akan membantu para penonton untuk memastikan video tersebut sesuai dengan topik yang dibahas, atau sekedar hanya konten yang tidak berguna dan sebatas klik bait saja.

Tidak ada fitur dari Youtube yang berguna untuk menampilkan kembali jumlah dislike, dan cara satu-satunya untuk melakukannya adalah menggunakan bantuan pengaya atau ekstensi pada browser. Jadi cara ini hanya bisa diterapkan pada browser saja.

Menampilkan Kembali Jumlah Dislike pada Video Youtube

Terdapat ekstensi bernama Return Youtube Dislike. Dengan memasangnya, browser akan langsung bisa menampilkan jumlah dislike pada semua video seperti sebelumnya. Dan berikut ini langkah mudah memasang ekstensinya.

  1. Silakan menuju halaman ekstensi Return Youtube Dislike, silakan klik antara Chrome atau Firefox.
  2. Sebagai contohnya disini adalah Chrome, jadi silakan klik tombol Tambahkan ke Chrome.

    Klik Tambahkan ke Chrome

  3. Dialog konfirmasi akan muncul, silakan klik pada opsi Tambahkan Ekstensi.

    Memasang Ekstensi Return Youtube Dislike

  4. Selesai, kini ekstensi telah terpasang dan silakan coba buka salah satu video di Youtube, pasti jumlah dislike sudah muncul.

    Menampilkan Kembali Jumlah Dislike di Video Youtube

Baca juga: 5 Penyebab Subscriber Youtube Menghilang Banyak

Bagaimana Ekstensi Return Youtube Dislike Bekerja?

Dulunya, tepatnya sebelum tanggal 13 desember 2021, ekstensi ini memanfaatkan fitur API untuk menampilkan jumlah dislike dengan akurat. Namun setelah adanya perubahan dari ketentuan Youtube, maka API tersebut telah dihilangkan dan tak ada cara untuk mengetahui jumlah dislike secara akurat.

Lalu ekstensi ini mulai mengubah cara dalam menghitungnya supaya seluruh pengguna masih bisa dapat mengetahui jumlah dislike pada video. Mereka mengklaim melakukan perhitungan data arsip atau lampau antara like dan dislike pada video, begitupula dengan tindakan yang dilakukan pengguna saat memakai ekstensi ini untuk melakukan like atau dislike, maka itu akan dihitung pula.

Sementara itu untuk video baru yang terbilang tidak populer di Youtube, maka data dislike tergantung dari para pengguna yang menggunakan ekstensi ini. Jadi semakin banyak orang yang memakai ekstensinya, semakin akurat pula jumlah dislike yang ditampilkan.

Dengan begitu kita mengetahui bahwa ekstensi ini hanya merekam tindakan like dan dislike yang kita lakukan pada video Youtube. Dan menurut saya itu aman-aman saja dan tidak masalah selama data tersebut bersifat membantu kepada pengguna lainnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.