Cara Mengatur Keseimbangan Warna Layar HP Samsung

Keseimbangan putih (White Balance) pada setiap jenis ponsel akan berbeda-beda tergantung dari tipe layar yang digunakan. Jika salah dalam mengaturnya, maka itu akan berdampak pada tampilan layar yang terlihat lebih merah (warm) atau biru (cool).

Untuk penggunaan fotografi, pastinya mengatur keseimbangan warna pada ponsel sangat penting sekali guna untuk mendapatkan hasil yang akurat. Dan di beberapa ponsel Samsung, telah terpasang layar jenis AMOLED yang menampilkan gambar dengan tajam, serta keseimbangan warna layar dapat diatur melalui pengaturan.

Mengatur Keseimbangan Warna HP Samsung

Semua ponsel Samsung yang memiliki layar AMOLED dapat mengatur keseimbangan warna dengan mudah. Jika ponsel kamu tidak menggunakan layar AMOLED, silakan untuk dicek terlebih dahulu di pengaturan, karena fitur ini juga tersedia selama ponsel telah menggunakan One UI.

  1. Pertama-tama silakan buka Pengaturan.
  2. Lalu ketuk pada menu Tampilan.

    Ketuk Menu Tampilan

  3. Kemudian ketuk menu Mode Layar.

    Ketuk Menu Mode Layar

  4. Atur sebagai Tampilan Adaptif.

    Mengatur Tampilan Adaptif di Layar HP Samsung

  5. Setelah itu atur keseimbangan putih di bagian bawah.

    Atur Keseimbangan Putih di HP Samsung

  6. Jika ingin mengatur keseimbangan warna lebih mendalam, silakan ketuk tombol Pengaturan Lanjutan.
  7. Nah sekarang kamu bisa mengatur keseimbangan warna layar sesuai kenyamanan.

    Mengatur Keseimbangan Warna Layar Ponsel Samsung

Sebagai contohnya, layar kamu terlihat kemerahan sehingga membuat mata tidak nyaman untuk dilihat, jadi dengan mengaturnya sebagai dingin akan membuat kemerahan itu menghilang.

Untuk pengaturan lanjutan, sebenarnya masih merujuk terhadap keseimbangan putih, dan secara default semua warna RGB diatur maksimal. Jadi dengan merendahkannya, saturasi warna tertentu juga akan ikut menurun.

Terkait: Cara Mengatur Kecerahan pada Always On Display di Samsung

Kegunaan dari Mengatur Keseimbangan Warna Ponsel

Dari sini kita sudah dapat menyimpulkan bahwa mengatur keseimbangan warna ini berguna layaknya melakukan kalibrasi warna. Karena tampilan ponsel yang terlalu merah atau biru dapat menyebabkan warna pada gambar tidak akurat.

Tetapi selain digunakan untuk semacam kalibrasi, justru keseimbangan warna yang tepat dapat membuat kita untuk tetap nyaman dalam menggunakan ponsel. Jadi yang biasanya melihat tampilan layar selalu kemerahan, kini setelah mengaturnya sedikit lebih dingin akan membuat tampilan layar lebih nyaman untuk dilihat.

Sama Seperti Fitur White Balance di Kamera

Cobalah untuk membuka aplikasi Kamera di ponsel, di sana tersedia fitur untuk mengatur White Balance dengan indikator ikon bertuliskan WB. Jika itu dipilih, kamu dapat mengatur rona suasana sesuka hati untuk membuat hasil jepretan berbeda dari rona suasana saat ini.

Sedikit contohnya, ketika mengambil gambar di tempat yang suasananya panas, pasti hasil gambarnya akan sedikit kemerahan sesuai suasananya. Tapi dengan mengatur fitur WB menjadi dingin, maka suasana pada hasil foto itu bisa berubah menjadi dingin atau sejuk.

Jadi sekarang kamu sudah paham kan tentang keseimbangan warna pada layar ponsel. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait tutorial di atas, tak perlu ragu untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *