5 Penyebab Subscriber Youtube Menghilang Banyak

5 Penyebab Subscriber Youtube Menghilang Banyak

Subscriber untuk channel Youtube memang sangatlah penting untuk mengumpulkan pelanggan dalam satu wadah. Setiap konten video yang kamu unggah, memungkinkan mereka untuk menontonnya karena video tersebut hadir pada beranda Youtube mereka.

Kejadian yang kadang terjadi untuk pengguna Youtuber baru adalah menghilangnya jumlah subscriber secara tiba-tiba. Jadi sebagai contohnya, pagi bertambah beberapa subscriber, tapi siang atau sore hari tiba-tiba menghilang.

Hal ini disebabkan dari beberapa faktor yang mana sistem mendeteksi adanya anomali yang terjadi pada peningkatan subscriber pada channel tersebut. Dan disinia akan dibagikan beberapa penyebab tersebut.

1. Subscriber Menghilang Akibat Youtube Menghapus Akun SPAM

Youtube memiliki sistem yang cermat dalam mendeteksi adanya hal yang tidak wajar yang terjadi pada peningkatan jumlah subscriber di channel. Sebagai contohnya adalah penambahan subscriber dari akun Google yang terindikasi SPAM.

Contoh kecilnya adalah akun Google yang baru dibuat dan kemudian digunakan untuk melakukan subscribe terhadap channel tersebut secara sengaja. Maka secara otomatis sistem akan mendeteksi dan menghapusnya.

2. Akibat Melakukan Aktivitas Sub4Sub

Sub4Sub adalah aktivitas yang memungkinkan channel dapat memperoleh subscriber dengan cepat karena mereka saling melakukan subscribe satu sama lain. Ternyata aktivitas ini dianggap buruk oleh sistem Youtube dan berimbas subscriber tersebut tidak lagi dihitung.

Youtube juga telah memperbarui peraturannya untuk melarang aktivitas Sub4Sub ini. Jadi apabila kamu melakukan hal ini, sebaiknya untuk berhenti supaya reputasi channel tersebut tetap terjaga.

3. Akibat Membeli Subscriber dari Pihak Ketiga

Pembelian subscriber memang terlihat menarik, akan tetapi aktivitas tersebut juga dilarang oleh Youtube. Selain itu tidak berguna, kamu juga tidak mendapatkan apapun dari subscriber yang palsu.

Jadi apabila akhir-akhir ini kamu membeli subscriber, mungkin itulah penyebab yang membuat total subscriber kamu menghilang secara tiba-tiba.

4. Pengguna Melakukan Unsubscribe Secara Bersamaan

Kejadian ini pernah menimpa pada sebuah channel yang mengunggah konten yang dirasa kurang mantap di hati penonton. Jadi mereka membuat komentar yang menyeru pengguna lain untuk melakukan unsubscribe terhadap channel tersebut.

Aktivitas semacam ini memang jarang terjadi, tapi bisa menimpa kepada channel siapa saja. Bahkan pergantian niche pada channel juga akan membuat pengguna muak dan melakukan unsubscribe.

Sebagai contohnya, kamu biasa mengunggah konten tentang hewan, tapi suatu saat kamu beralih niche dan sering mengunggah konten tentang otomotif. Pastinya itu akan membuat subscriber menghilang karena tidak mendapatkan ketertarikannya pada channel tersebut.

5. Subscriber Menghilang Akibat Channel Jarang Update

Subscriber bisa hilang secara natural apabila channel tersebut tidak melakukan update dalam jangka lama. Hal ini akan membuat para pengguna untuk beralih ke channel lain yang serupa karena alasan ini.

Untuk itu, setidaknya lakukan update kurang lebihnya satu atau dua kali dalam seminggu supaya subsriber terus bertambah dan tidak berkurang. Dan walaupun ada subsriber yang menghilang, pastinya masih ada peningkatan untuk menutupi itu karena kamu terus mengunggah konten-konten yang baru.


Baca juga: Cara Menyembunyikan Total Subscriber di Channel Youtube

Jadi itulah beberapa penyebab yang membuat subscriber menghilang secara drastis dalam waktu dekat. Bagi pengguna baru, mungkin hal yang dialami adalah akibat melakukan Sub4Sub, padahal hal tersebut telah dilarang, yang mana telah tertulis di halaman peraturan Youtube.

Apakah kamu memiliki penyebab lain yang memungkinkan subscriber di channel Youtube dapat hilang banyak dengan sendirinya? Tuliskan itu pada kolom komentar untuk membantu pengguna yang lainnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.