Cara Ganti Tampilan Kursor di Google Chrome PC

Tampilan kursor bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Selain dipakai untuk menghias, tampilan kursor yang menarik tidak akan membuat kita merasa bosan, khususnya pada saat melakukan browsing di internet.

Di browser Chrome, terdapat suatu ekstensi yang bisa dipasang untuk mengubah tampilan kursor sesuka hati. Jadi bukan hanya sekedar memilih apa yang tersedia di sana, tapi pengguna bisa membuat sendiri tampilan kursornya.

Ekstensi untuk Mengubah Tampilan Kursor di Chrome

Sebelum memulai lebih jauh, hanya ingin mengingatkan saja bahwa cara ini dikhususkan untuk PC atau laptop. Jadi belum bisa diterapkan pada ponsel. Dan tak menunggu lama lagi, berikut ini cara untuk mengubah tampilan kursor di browser Chrome.

  1. Silakan menuju halaman ekstensi Pengubah Kursor.
  2. Setelah itu klik pada tombol Tambahkan ke Chrome.

    Klik Tombol Tambahkan ke Chrome

  3. Lalu akan muncul dialog perizinan, silakan klik tombol Tambahkan Ekstensi.

    Klik Tombol Izinkan

  4. Setelah itu klik pada ikon puzzle yang ada di bagian kanan atas browser.

    Klik Ikon Puzzle di Chrome

  5. Dan klik ekstensi Custom Cursor.

    Klik Ekstensi Custom Cursor

  6. Setelah itu pilih tampilan kursor sesuai yang diinginkan.

    Mengganti Tampilan Kursor di Google Chrome

Tersedia banyak tampilan kursor yang bisa kamu pilih, atau bahkan membuat tampilan sendiri juga bisa dengan cara memilih tombol Upload Cursor dan ikuti prosedur pada halaman. Sedangkan apabila kamu ingin melihat lebih banyak tampilan kursor yang dibuat oleh pengguna lain, silakan klik pada tombol More Cursors.

Mengecilkan atau Memperbesar Tampilan Cursor

Jika kamu merasa ekstensi yang ditampilkan terlihat terlalu besar atau terlalu kecil, maka yang perlu dilakukan adalah mengatur ukurannya dengan membuka bagian ekstensi ini (melalui ikon puzzle tadi). Dan setelah itu klik pada ikon paling kiri di sebelah kanan atas. Supaya tidak bingung, berikut ini gambarannya.

Mengatur Ukuran Kursor

Kemudian silakan atur ukurannya sesuai yang diharapkan. Karena tampilan kursor ini mengikuti layar, jadi terkadang bisa terlalu kecil atau terlalu besar bagi sebagian orang. Tapi syukurnya tersedia fitur untuk mengubah ukuran ini, sehingga bisa mengaturnya sesuai kenyamanan.

Baca juga: Trik Membuat Banyak Browser Chrome Tanpa Instal

Mengembalikan ke Tampilan Kursor Bawaan

Untuk mengembalikan ke tampilan bawaan juga mudah kok. Cara nyaris sama seperti di atas, jadi silakan buka bagian ekstensi melalui ikon puzzle tadi, setelah itu klik pada ikon Power. Berikut ini contoh gambarannya.

Menonaktifkan Kursor dan Mengembalikan ke Tampilan Bawaan

Nah setelah menekan ikon tersebut, kini tampilan kursor akan kembali ke bawaan/semula. Jika pun ingin menggunakan ekstensi ini lagi, silakan klik lagi pada ikon Power tersebut.

Alternatifnya, kamu bisa menonaktifkan dan menghapus ekstensinya langsung melalui Pengaturan Ekstensi di Chrome. Hal tersebut dapat kamu lakukan hanya ketika tidak ingin lagi memakai ekstensi ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *