Cara Menggunakan Ngrok untuk Membuka 2 Port Sekaligus

Cara Menggunakan Ngrok untuk Membuka 2 Port Sekaligus

Sudah tahu tentang Ngrok belum? Itu adalah layanan yang bisa digunakan untuk membuka server development lokal ke internet. Misalnya membuka port 80 di localhost (XAMPP/Apache) supaya bisa diakses dari internet melalui subdomain Ngrok.

Metode ini sangat cocok diterapkan bagi perangkat yang jaringan internetnya di belakang NAT. Dan selain hanya membuka satu port saja, sebenarnya Ngrok menyediakan akses gratis untuk membuka maksimal dua port secara bersamaan lho.

Untuk membuka kedua port secara bersamaan, yang diperlukan hanyalah mengatur konfigurasi dari file YAML yang telah disediakan. Dan di sini akan saya bagikan langkah mudah untuk melakukannya.

Atur File Konfigurasi Ngrok

Silakan buka file bernama ngrok.yaml yang biasanya terdapat di satu direktori dengan file ngrok (executable). Jika tidak ada, silakan buat terlebih dahulu filenya. Dan selanjutnya salin konfigurasi di bawah ini terlebih dahulu.

authtoken: TOKEN_DISINI
region: ap
tunnels:
  aplikasisatu:
    addr: 8080
    proto: http    
  aplikasidua:
    addr: 8001
    proto: tcp

Tempel pada file konfigurasi ngrok.yaml dan ubah beberapa hal penting, Yang pertama adalah TOKEN_DISINI, silakan ubah itu dengan token ngrok milik kamu.

Selanjutnya nama aplikasisatu dan aplikasidua silakan ubah sesuai dari nama aplikasi supaya terorganisir dengan rapi.

Dan yang ketiga adalah mengubah port, dari contoh di atas adalah 8080 dan 8001. Jadi silakan ganti dengan port lokal yang ingin dibuka ke internet.

Yang terakhir adalah proto (protokol), silakan ubah dengan protokol yang sesuai terhadap portnya. Saat ini ngrok mendukung protokol berikut: http, tcp, dan tls.

Jalankan Ngrok dengan Konfigurasi yang Telah Diatur

Tahap berikutnya adalah menjalankan ngrok untuk memulai membuka kedua port sesuai yang telah diatur. Caranya sederhananya, silakan buka Terminal atau Command Prompt dan setelah itu jalankan perintah berikut ini.

WINDOWS

ngrok.exe start --all --config ngrok.yaml

LINUX

./ngrok start --all --config ngrok.yaml

Kedua Port Terbuka

Setelah itu Ngrok akan menampilkan URL yang menuju ke port masing-masing di bagian Forwarding. Jadi silakan salin URLnya atau langsung di klik untuk membuka di browser.

Kini port lokal pada perangkat kamu telah berhasil terbuka, dan tentunya URL tersebut bisa diakses oleh semua orang di internet.

Terkait: Tutorial Remote Port Forwarding Menggunakan SSH

Menonaktifkan Ngrok

Apabila ingin menutup kembali portnya supaya tidak ter-ekspos di internet, kamu hanya perlu menekan tombol CTRL+C pada terminal atau command prompt di komputer.

Tapi jika pada suatu kasus, ngrok berjalan di latar belakang, silakan gunakan perintah di bawah ini untuk menghentikannya.

WINDOWS

taskkill /f /im ngrok.exe

LINUX

kill -9 "$(pgrep ngrok)"

Harap menjalan perintah di atas sebagai administrator untuk perangkat Windows, dan sebagai sudo untuk perangkat Linux. Dan setelah itu silakan cek kembali dengan mengakses URL Ngrok yang disalin tadi, pastinya kini URL tersebut tidak lagi bisa diakses.

Apabila ada yang ingin ditanyakan, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *