Cara Mengaktifkan Penghemat Data di Tiktok

Cara Mengaktifkan Penghemat Data di Tiktok

Penggunaan data atau kuota di aplikasi Tiktok sangatlah tinggi layaknya memakai Instagram. Hal ini disebabkan karena isi konten di dalamnya merupakan video. Sedangkan ukuran per satu video bisa mencapai 10MB dalam durasi 30 detik sampai 1 menit. Tapi berbeda lagi jika durasi videonya lebih lama.

Tiktok memiliki fitur untuk menghemat data, khususnya bagi pengguna yang sedang memakai paket internet di kartu seluler. Dengan mengaktifkannya, maka kualitas video yang akan dimuat akan diturunkan, sehingga ukuran file dari video tersebut akan terkompres dan tidak terlalu besar.

Untuk mengaktifkan fitur penghemat data tersebut sangatlah mudah, di sini akan saya bagikan langkahnya secara detil. Dan langsung saja ikuti caranya dibawah ini.

Mengaktifkan Fitur Penghemat Data di Tiktok

  1. Buka aplikasi Tiktok.
  2. Silakan menuju Profil.

    Menuju Profil Tiktok

  3. Selanjutnya ketuk opsi strip tiga di pojok kanan atas.

    Ketuk Opsi Strip Tiga

  4. Dan pilih menu Pengaturan dan Privasi.

    Ketuk Menu Pengaturan dan Privasi

  5. Sekarang gulir kebawah dan ketuk pada menu Penghemat Data.

    Ketuk Menu Penghemat Data

  6. Tahap terakhir, silakan aktifkan pada opsi Penghemat Data.

    Mengaktifkan Fitur Penghemat Data di Tiktok

Mulai sekarang video baru yang kamu tonton di Tiktok, kualitasnya akan diturunkan. Tapi jangan khawatir, karena meski kualitasnya diturunkan, videonya masih terlihat jernih kok. Dan fitur ini hanya berlaku ketika membuka Tiktok memakai data seluler saja.

Ketentuan Penghemat Data di Tiktok

Seperti yang saya katakan diatas, bahwa fitur ini hanya akan diterapkan ketika pengguna sedang menggunakan jaringan data seluler. Sedangkan apabila memakai jaringan WiFi, maka fitur ini akan diabaikan alias di-nonaktifkan untuk sementara selama penggunaan WiFi tersebut.

Video yang telah masuk pada cache tidak akan dimuat ulang pada saat fitur ini diaktifkan. Kecuali jika cache dihapus, maka Tiktok akan menyimpan video tersebut pada cache untuk keperluan penghematan data dan juga kestabilan ponsel.

Misalnya kamu lebih sering memakai data seluler untuk pemakaian Tiktok, maka video yang tersimpan pada cache merupakan kualitas rendah. Jadi meski diputar ulang memakai WiFi tidak akan mengubah resolusi video tersebut, kecuali cache itu dihapus terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Mencairkan Koin dan Diamond Tiktok ke Saldo DANA

Bagaimana dengan Tiktok Lite?

Versi Lite dari varian Tiktok telah mengaktifkan fitur penghemat data secara default. Inilah mengapa versi Lite lebih hemat kuota dibandingkan versi biasa. Tak hanya itu saja, Tiktok Lite jauh lebih ringan dan bisa dipakai untuk segala ponsel dengan spesifikasi rendah sekalipun.

Apabila ada yang ingin ditanyakan tentang tutorial di atas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *