Cara Mengaktifkan Indikator Kursor Teks di Windows

Cara Mengaktifkan Indikator Kursor Teks di Windows

Saat mengetik suatu teks di komputer, pasti disamping teks tersebut akan muncul tanda berkedip. Itu adalah indikator, yang berguna untuk mengetahui letak atau posisi kamu mulai mengetik atau melakukan tindakan lain terhadap teks disampingnya.

Ukuran indikator tersebut pada dasarnya sama dengan ukuran teks yang sedang kamu ketik. Tapi beberapa orang mungkin kebingungan terhadap indikator ini karena sulit untuk dilihat dan ingin supaya tampil dengan jelas.

Di Windows, terdapat fitur untuk mengatur tingkat ukuran indikator kursor teks. Fitur tersebut mulai hadir sejak Windows 10. Dan selain mengubah ukurannya, kamu juga bisa mengatur warna terhadap indikator tersebut.

Mengaktifkan Indikator Kursor Teks pada Windows

  1. Buka Windows Settings.
  2. Klik menu Accessibility.

    Klik menu Accessibility

  3. Kemudian klik pada Text Cursor.

    Menuju Text Cursor

  4. Aktifkan pada opsi Text cursor indicator.

    Mengaktifkan Indikator Kursor Teks

  5. Kini kamu bisa mengatur ukuran beserta warna terhadap indikator kursor teks.

Setelah mengaktifkannya, indikator kursor teks ini akan bisa langsung terlihat ketika kamu mengetik sesuatu, contohnya pada Notepad. Dan warna indikatornya pun juga akan sesuai seperti yang kamu atur.

Sambil mencobanya, silakan atur kembali ukuran indikatornya sampai kamu merasa nyaman. Dan warna yang disediakan sebenarnya tak terbatas lho. Jika tak ada warna kesukaan kamu yang tampil disana, silakan pilih opsi Choose another color untuk memilih warna sesuai keinginan.

Untuk menonaktifkannya, cukup ulangi tutorial diatas sampai langkah ke-3, dan kemudian nonaktifkan pada opsi Text cursor indicator.

Baca juga: Cara Mengakses Komputer Melalui HP Android

Kelebihan dari Mengaktifkan Indikator Kursor Teks

Fitur tersebut dapat membantu pengguna lebih mudah dalam mengetahui indikator letak mengetik tanpa harus memperbesar tulisan. Karena pada dasarnya jika ingin indikatornya lebih besar, maka ukuran tulisan juga harus ikut dibesarkan. Tapi tidak dengan menggunakan fitur indikator kursor teks.

Teks bisa tetap dengan ukuran normal, namun ukuran indikatornya bisa dibesarkan sesuai kenyamanan. Adapun opsi lainnya untuk mengatur ketebalan terhadap indikator tersebut, tapi saya rasa itu kurang berguna, mengingat memperbesar ukuran indikator sudah lebih dari cukup.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.