Trik Membuat Banyak Browser Chrome Tanpa Instal

Trik Membuat Banyak Browser Chrome Tanpa Instal

Beberapa orang memasang beberapa browser pada satu perangkatnya, bahkan ada yang sampai 5 browser. Padahal sebenarnya satu browser saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan, hanya saja sebagian orang masih belum tahu cara untuk membuatnya menjadi banyak.

Salah satu penyebab orang memasang banyak browser adalah ingin masuk ke akun sosial lainnya. Jadi contohnya browser Chrome dipakai untuk akun pertama dan browser Firefox dipakai untuk akun kedua. Tapi sebenarnya satu browser Chrome juga bisa dipakai untuk menyimpan dua atau bahkan sepuluh akun apabila itu yang dibutuhkan.

Yaitu menggunakan fitur profil. Dengan fitur tersebut, kamu bisa menciptakan browser Chrome yang lain dengan data yang berbeda didalamnya. Jadi meski membuat puluhan profil, tidak akan mempengaruhi data pada profil lainnya.

Membuat Banyak Browser Chrome Menggunakan Fitur Profil

Sekilas penjelasan terkait profil, bahwasanya profil yang dibuat pada Chrome akan terletak pada direktori userdata, namun nama folder dari profil itu berbeda-beda. Jadi informasi seperti sandi yang ter-enkripsi, cookie, cache, dan lain sebagainya akan disimpan masing-masing layaknya memiliki browser baru.

Cara pembuatan profil ini juga sangat sederhana, silakan ikuti caranya dibawah ini:

  1. Buka browser Google Chrome.
  2. Klik pada ikon Akun di sebelah opsi titik tiga.

    Klik Ikon Akun di Chrome

  3. Selanjutnya pada bagian Profil Lainnya, silakan klik Tambahkan.

    Membuat Browser Chrome Banyak

  4. Dialog akan muncul, klik opsi Lanjutkan tanpa akun.

    Klik Opsi Lanjutkan Tanpa Akun

  5. Beri nama profil sesuai yang diinginkan.

    Mengisi Informasi Profil

  6. Lalu pilih juga warna browsernya supaya mudah diingat.
  7. Centang pada opsi Buat pintasan desktop.
  8. Dan klik tombol Selesai.

Sekarang browser Chrome yang baru akan muncul pada taskbar. Kamu juga bisa menyeretnya ke desktop untuk dijadikan ikon apabila itu yang diinginkan. Dan kamu bisa mengulangi lagi cara diatas untuk membuat browser yang baru.

Baca juga: Cara Memindahkan Data Browser dari Chrome ke Firefox

Berapa Banyak Profil Chrome yang Bisa Dibuat?

Tidak ada batasan, kamu bisa membuat profil sebanyak yang kamu mau selama PC mampu untuk menampungnya. Jika ingin membuat banyak, pastikan drive sistem (C) tidak penuh, karena seluruh data nantinya akan berada di folder userdata, yang mana folder tersebut tersembunyi pada drive sistem.

Apakah Bisa Menghapus Profil yang Dibuat pada Chrome?

Tentu saja bisa, pada pengelola profil pada Chrome, kamu bisa memilih profil mana yang sudah tak terpakai dan ingin dihapus. Dan pada saat menghapusnya, kamu akan diminta konfirmasi penghapusan terhadap data yang tersimpan pada profil tersebut.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.