Cara Mengubah Tema di Browser Microsoft Edge

Cara Mengubah Tema di Browser Microsoft Edge

Semenjak adanya Windows 10, Internet Explorer tidak lagi dikembangkan dan beralih ke peramban atau browser yang lebih modern, yakni Microsoft Edge. Terdapat perbedaan yang signifikan jika membandingkan browser tersebut dengan Internet Explorer, justru Microsoft Edge memiliki banyak kelebihan.

Sama seperti browser yang lain, pada Microsoft Edge pun memiliki fitur unggulan tersendiri seperti sinkronisasi antar perangkat ponsel dan PC. Dan selain itu pengguna juga bisa mengubah tema supaya tidak cepat bosan dalam menggunakannya.

Tema yang disediakan cukup banyak dan pengguna dapat mengunduh tema kustom pada website Microsoft. Tentunya dengan cara ini, kamu takkan lagi merasa cepat bosan ketika memakai browser ini. Selain cepat, navigasi mudah, juga tampilannya yang bagus. Dan disini akan saya bagikan bagaimana cara untuk mengubah tema tersebut.

Mengubah Tema pada Microsoft Edge

Tersedia bermacam varian tema yang hadir pada Microsoft Edge, rata-rata memiliki warna yang nyaman untuk dipandang. Terlebih lagi setiap tema itu juga cocok diterapkan pada mode terang atau mode gelap sekalipun.

Tak perlu menunggu lama lagi, berikut ini cara untuk mengubah tema di Microsoft Edge:

  1. Buka Microsoft Edge.
  2. Klik opsi titik tiga di pojok kanan atas.

    Klik Tombol Opsi

  3. Selanjutnya menuju menu Settings.

    Klik Menu Settings

  4. Kemudian klik pada menu Appearance.

    Menuju Menu Appearance

  5. Pada bagian Theme, silakan pilih warna yang diinginkan.

    Mengubah Tema di Microsoft Edge

  6. Selesai, tema browser berhasil diubah.

Pada bagian Appearance, terdapat banyak sekali opsi untuk mengatur tampilan browser. Kamu dapat mengatur sendiri terhadap beberapa opsi tersebut, contohnya mengubah mode terang ke gelap, menampilkan atau menyembunyikan menu aksi, mengaktifkan tombol favorit, dan lain sebagainya.

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Tema untuk Microsoft Edge

Ada dua cara untuk mendapatkan banyak sekali tema untuk Microsoft Edge, yaitu melalui situs Microsoft atau menggunakan tema milik Chrome. Pastilah ini sangat cocok bagi kamu yang sudah bosan dengan warna yang disediakan pada pengaturan dan ingin mencoba tema yang baru.

Caranya, silakan ikuti tutorial diatas sampai langkah ke-4, yaitu menuju menu Appearance. Dan setelah itu silakan klik pada opsi Discover more themes, dan selanjutnya kamu akan dialihkan ke website Microsoft untuk memilih tema yang diinginkan.

Cara kedua masih sama dibagian Appearance, tapi bedanya disini kamu harus meng-klik pada opsi Chrome Web Store, atau tepatnya pada kalimat seperti berikut

Didn’t find one you want? Discover more themes in the Chrome Web Store.

Nah setelah itu kamu akan dialihkan ke halaman Chrome Webstore untuk memilih tema. Tapi sebelum memilih, silakan klik pada opsi Allow extensions from other store yang muncul pada dialog popup supaya nantinya tema dapat dipasang pada Microsoft Edge.

Ketika dialog tersebut sudah diklik, maka tombol untuk memasang tema pada Microsoft Edge akan muncul dan kini kamu bebas memilih tema yang mana saja sesuai yang diinginkan.

Baca juga: Cara Menghapus Riwayat Browsing pada Microsoft Edge

Kesimpulan

Microsoft Edge menghadirkan beberapa tema dengan warna yang menarik dan nyaman untuk dipandang, akan tetapi pengguna masih belum diberikan akses untuk memilih sendiri warna yang diinginkan sebagai tema. Justru jika pengguna diberikan akses untuk memilih warna sendiri, pastinya peminatnya akan semakin banyak.

Tapi hal tersebut tak menjadi masalah karena Microsoft Edge juga dapat menerapkan tema milik Chrome, yang mana terdapat ratusan tema tersedia dan terus bertambah. Hal tersebut karena Microsoft Edge merupakan browser berbasis Chromium, sehingga tema atau bahkan ekstensi milik Chrome dapat dipasang tanpa ada masalah.

Jadi apakah kamu sudah menemukan tema yang sesuai? Dengan memilih tema yang nyaman untuk dipandang akan membuat kamu tetap semangat ketika melakukan aktivitas browsing di internet. Kamu bebas mengubah tema setiap minggu, bulan, atau bahkan hari tergantung sesuai sisi kenyamanan kamu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.