≡ Menu

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Pencarian Google

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Pencarian Google

Tak hanya di browser Chrome saja yang telah menyediakan mode gelap untuk para pengguna, bahkan Google pun telah menyiapkan fitur ini pada bagian pencarian. Memungkinkan para pengguna tidak silau ketika menelurusi di internet, khususnya pada malam hari.

Fitur mode gelap di pencarian Google pada dasarnya masih belum 100% dirilis secara global, akan tetapi mode ini telah disediakan secara bertahap untuk pengguna. Jadi untuk mengetahui apakah kamu telah mendapatkan mode ini, maka itu hanya bisa dilihat pada pengaturan pencarian di Google saja.

Tema gelap yang disediakan nyaris sama seperti di browser Chrome, baik itu dari kolom, tautan, logo Google, dan lain-lain. Jika menurut saya, tak ada kekurangan saat menggunakan mode gelap ini pada pencarian, dan segalanya tampak sempurna.

Mengaktifkan Fitur Mode Gelap di Pencarian Google

Ketahui sebelumnya bahwa tema gelap ini sebenarnya lebih dulu dirilis pada perangkat ponsel. Namun kini pun telah menjalar ke perangkat desktop. Kedua perangkat tersebut dapat mengaktifkan mode ini dengan cara yang terbilang sama. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman utama Google.
  2. Kemudian klik opsi Setelan dibagian kanan bawah.

    Klik Opsi Setelan

  3. Selanjutnya klik menu Setelan Penelusuran.

    Klik Menu Setelan penelusuran

  4. Lalu menuju menu Tampilan.

    Klik Menu Tampilan

  5. Pada bagian Tampilan, silakan pilih sebagai Tema Gelap.

    Mengaktifkan Mode Gelap di Pencarian Google

  6. Tahap terakhir silakan klik tombol Simpan.

Kini mode gelap berhasil diterapkan dan kamu akan terus menggunakan tema gelap ini sampai kamu mengatur kembali pada pengaturan pencarian. Kemungkinan kedepannya Google dapat mendeteksi pengaturan mode ini berdasarkan tema yang kamu pakai di perangkat atau browser.

Baca juga: Mencegah Google Menyimpan Riwayat Browsing

Mengapa Opsi Tampilan Tema Gelap Masih Belum Ada?

Ketika kamu mengikuti langkah diatas dan menyadari bahwa opsi mode gelap ini tidak muncul pada pengaturan pencarian, hal tersebut disebabkan karena kamu belum kebagian dalam menggunakan fitur ini.

Tapi tak perlu khawatir, karena yang perlu kamu lakukan hanyalah menunggu sampai fitur mode gelap ini dirilis sepenuhnya. Selama telah dirilis sebagian, kemungkinan dalam beberapa bulan kedepan pasti telah tersedia untuk seluruh pengguna.

Dan fitur tersebut juga tidak membatasi browser Chrome saja, jadi segala browser dapat menikmati tema gelap itu dipencarian. Bahkan saya saat ini menggunakan browser Firefox pun juga telah mendapatkan dukungan tema gelap ini.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap