Cara Mengambil Paket Tanpa Nomor Resi

Cara Mengambil Paket Tanpa Nomor Resi

Pengambilan paket atau barang di jasa ekspedisi memang lebih mudah jika sambil membawa nomor resi. Tapi ada kalanya sebuah paket yang di kirim tidak memiliki nomor resi sama sekali, entah itu karena pengirim tidak memberikannya, atau mungkin nomornya hilang.

Fungsi nomor resi sebenarnya sangat penting untuk keperluan dalam melacak paket atau barang yang sedang dalam perjalanan. Biasanya nomor resi tersebut diberikan kepada pengirim, dan setelah itu pengirim memberikannya kepada penerima supaya bisa melacak paketnya secara mandiri.

Tanpa nomor resi, paket yang di kirim pun juga akan tetap sampai ke tujuan, cuma bedanya penerima tidak akan tahu kapan tepatnya paket tersebut sampai. Sehingga yang bisa dilakukan adalah mengira-ira saja.

Bagaimana Cara Mengambil Paket Tanpa Nomor Resi?

Terkadang isi paket memang bersifat penting, tapi sudah kah kamu menunggu waktu yang telah ditetapkan dalam estimasi pengiriman di ekspedisinya? Karena rata-rata untuk pengiriman reguler, pengguna diminta untuk menunggu setidaknya 3 sampai 5 hari.

Jika lebih dari itu, maka pengguna bisa mengecek pada kantor ekspedisi untuk sekalian mengambilnya. Dan apabila kondisinya tidak memiliki nomor resi, maka berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan.

Tanya ke Petugas Ekspedisi

Kunjungi kantor ekspedisi terdekat, dan kemudian tanyakan kepada petugas bagian pengiriman/pengambilan barang. Hal pertama yang mereka tanyakan pasti adalah nomor resi, jadi silakan jawab tidak memiliki nomor resinya.

Kemudian petugas akan menanyakan nama, alamat tujuan, dan juga isi paket yang ada di dalamnya. Setelah itu petugas akan ke belakang untuk mencari barang yang sesuai dengan informasi tersebut.

Jika paketnya ada, maka kamu akan diminta untuk menunjukkan KTP atau SIM untuk keperluan verifikasi penerima sesungguhnya. Dan selesai, kini paket tersebut telah ada di tangan kamu.

Alternatif: Langsung Bertanya ke Kurir

Pada kasus tertentu, kadang pada kantor ekspedisi sangat ramai pengunjung yang hendak mengirim atau mengambil paket, sehingga petugas administrasi tidak sempat untuk mengecek barang tanpa nomor resi dan meminta kamu untuk menanyakan ke kurir langsung.

Ruangan kurir atau tempat sortir paket biasanya ada di belakang atau di-samping kantor, silakan tanya ke tukang parkir apabila tidak tahu lokasinya.

Setelah berada di ruangan kurir, silakan tanya ke mereka terkait paketnya, dan tentunya mereka akan menanyakan nama dan juga alamat penerima. Silakan tunggu beberapa saat sampai paket ditemukan.

Dan masih sama prosedurnya dengan di atas, sebelum menerima paketnya, kamu akan diminta untuk menunjukkan KTP atau SIM untuk memastikan bahwa kamu merupakan penerima sesungguhnya.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa menanyakan paketnya secara cepat dengan menghubungi kurir melalui WhatsApp apabila sebelumnya telah memiliki nomornya.

Baca juga: 5 Penyebab Nomor Resi Tidak Bisa Dicek atau Dilacak

Kesimpulan

Pengambilan paket bisa dilakukan tanpa harus memiliki nomor resi. Selama paket tersebut sudah ada di gudang, maka akan langsung diserahkan kepada penerima yang mengambilnya. Sementara itu, syarat untuk mengambil paketnya adalah membawa KTP atau SIM yang sesuai sebagai penerima yang tertulis pada informasi paket.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *