Solusi Android Device Unauthorized pada ADB

Sudah tahu kan tentang ADB? Itu singkatan dari Android Debug Bridge, yang mana jika diartikan adalah jembatan debug untuk perangkat Android. Melakukan berbagai macam proses debug akan lebih mudah dengan alat tersebut, bahkan termasuk melakukan flashing ponsel sekalipun.

Masalah yang biasa terjadi pada ADB adalah tidak bisa meng-authorize perangkat yang terhubung saat ini, sehingga ketika di cek menggunakan perintah “adb devices”, maka muncul “Unauthorized” seperti contohnya gambar di bawah ini.

Android Tidak Mengizinkan Otorasasi Debug USB

Jika saat ini kamu juga mengalaminya, maka sangat tepat sekali untuk masuk ke artikel ini. Karena di sini akan saya bagikan solusi paling mudah untuk mengatasi hal tersebut.

Solusi 1: Aktifkan USB Debugging di Ponsel

Beberapa orang ceroboh untuk tidak mengecek terlebih dahulu apakah fitur USB Debugging telah diaktifkan atau belum. Pada dasarnya untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna harus mengaktifkan Developer Mode terlebih dahulu.

Sedangkan Developer Mode itu sendiri bisa diaktifkan melalui bagian Tentang Ponsel dan mengetuk beberapa kali pada Build Number atau Nomor Versi.

Informasi Kernel Android

Jika Developer Mode sudah aktif, maka pada Pengaturan akan muncul menu baru bernama Pilihan Pengembang atau Opsi Pengembang yang biasanya ada dibagian paling bawah.

Pada Pilihan Pengembang, cukup gulir ke bawah dan aktifkan pada fitur USB Debugging. Berikut ini contoh gambarannya:

Mengaktifkan USB Debugging

Setelah fiturnya telah diaktifkan, kini sambungkan kabel USB dari PC ke ponsel.

Lalu ketik adb start-server pada Command Prompt.

Dan setelah itu akan ada dialog perizinan pada ponsel, silakan tap Izinkan.

Seusai mengizinkan, ketik lagi adb devices pada Command Prompt PC. Pastinya kini PC telah terhubung pada ponsel dengan menampilkan status Authorized di sampingnya.

Solusi 2: Cabut Otorisasi Debug USB

Mencabut atau melakukan Revoke terhadap otorisasi debug USB memang sepatutnya dilakukan apabila sebelumnya kamu salah menekan opsi untuk tidak mengizinkan otorisasi USB dari perangkat PC.

Dialog perizinan yang tampil pada ponsel terkait otorisasi USB sebenarnya sangat penting dan tersimpan layaknya sebuah sesi. Salah menekan opsi untuk tidak mengizinkan akan mengakibatkan PC tidak bisa mendeteksi ponsel melalui ADB.

Solusinya cukup mudah, silakan masuk ke Pilihan Pengembang atau Opsi Pengembang pada ponsel, setelah itu gulir kebawah dan ketuk pada opsi Cabut ototisasi debug USB. Dan jika muncul dialog konfirmasi, silakan klik Ya.

Mencabut Otorisasi USB Debugging

Setelah mencabut semua otorisasi debug USB, silakan ketik lagi adb start-server pada Command Prompt PC supaya dialog perizinan pada ponsel bisa muncul lagi, dan setelah itu cukup Izinkan.

Solusi 3: Restart ADB Server

Apabila sudah mencoba kedua cara di atas namun tidak membuahkan hasil, maka solusi terakhir yang bisa kamu lakukan adalah memulai ulang (restart) ADB server melalui Command Prompt. Cara ini relatif sederhana dan juga cepat untuk dilakukan.

Silakan cabut terlebih dahulu kabel USB yang terhubung pada ponsel, dan selanjutnya ketik perintah adb kill-server pada Command Prompt.

Kemudian sambungkan kabel USB lagi sampai penyimpanan ponsel terdeteksi pada Explorer. Lalu ketik perintah adb start-server pada Command Prompt.

Sekarang cek apakah dialog perizinan telah muncul pada ponsel? Jika muncul, silakan Izinkan pada dialog tersebut supaya ponsel dapat terhubung ke ADB.

Terkait: Cara Instal dan Uninstal Aplikasi Android Melalui ADB


Itu saja beberapa solusi yang dapat saya bagikan untuk mengatasi masalah ADB yang tak mendeteksi ponsel Android. Jika misalnya kamu memiliki pertanyaan terkait solusi di atas, atau barangkali tambahan solusi lainnya, silakan untuk menuliskannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *