Solusi Belanja Barang di Shopee Tidak Kunjung Diterima

Solusi Belanja Barang di Shopee Tidak Kunjung Diterima

Belanja online termasuk di Shopee memang sangat praktis dan mudah. Tapi terkadang ada saja masalah yang membuat kita pusing. Salah satunya adalah barang yang kita beli tidak kunjung datang, padahal barang tersebut kondisinya segera untuk digunakan. Jika kamu mengalami masalah seperti ini, maka sangat cocok sekali masuk ke artikel ini.

Barang yang sudah dikirim oleh seller akan membutuhkan waktu pengiriman sesuai estimasi yang diberikan pada aplikasi. Estimasi tersebut merupakan rata-rata waktu yang dibutuhkan kurir untuk mengantarkan barang. Jadi apabila pengiriman melebihi batas waktu estimasi, maka terdapat beberapa kendala dari sisi kurir yang membuatnya mengalami delay.

Terdapat solusi untuk itu, dan tentu saja tips tambahan bagi kamu yang menunggu lebih dari waktu estimasi yang disediakan oleh Shopee. Silakan baca baik-baik mulai dari sini.

Mengatasi Barang Belanjaan Shopee Tidak Kunjung Diterima

Pertama-tama, tenangkan pikiran terlebih dahulu dan tidak perlu emosi untuk menyalahkan pada seller atau pihak Shopee, karena pada dasarnya masalah ini terjadi pada sisi jasa pengiriman yang sepatutnya diberi komplain.

Hubungi Jasa Pengiriman

Langkah pintar paling awal adalah menghubungi jasa pengiriman (logistik) sesuai yang digunakan, kirimkan nomor resi untuk mempermudah mereka melakukan pelacakan barang. Jika kondisinya barang tidak diterima melebihi estimasi waktu, maka mereka akan membuatkan kamu sebuah laporan terkait masalah ini.

Pembaruan laporan pada beberapa jasa kirim membutuhkan waktu sedikitnya 3 hari, tetapi jika lebih dari itu masih tidak ada pembaruan laporan sama sekali, maka kamu dapat memilih dua hal, antara memperpanjang masa garansi atau mengajukan pengembalian dana.

Oh iya, jika menghubungi jasa kirim lewat sosial media, pastikan pilih akun yang memiliki lencana ter-verifikasi. Dan melaporkan masalah sejenis ini tidak memerlukan biaya sepeser pun.

Perpanjang Masa Garansi Shopee

Jika kamu masih yakin untuk menunggu sedikit lebih lama untuk menerima barangnya, maka kamu bisa perpanjang masa garansi Shopee selama 3 hari. Tapi, mohon diingat, bahwa kamu harus ajukan pengembalian dana jika barang belum datang 1 hari sebelum masa garansi Shopee berakhir.

Hal ini demi keamanan kamu sebagai buyer, karena jika masa garansi habis akan sangat sulit untuk mengajukan komplain terkait pengembalian dana sekali pun.

Ajukan Pengembalian Dana

Fitur pengajuan pengembalian dana lebih cocok dipakai ketika masa garansi Shopee nyaris habis sementara kamu masih belum menerima barangnya. Tapi proses ini tidak bisa dikatakan mudah, karena akan membutuhkan persetujuan seller juga.

Karena yang dirugikan bukan cuma pembeli, akan tetapi juga penjual. Dan apabila pihak penjual setuju, maka dana kamu akan dikembalikan, maka nantinya barang yang masih di jalan akan di-return ke pihak penjual.

Baca juga: Cara Melacak Kiriman Paket dari Shopee

Kesimpulan

Telat sehari dalam proses pengiriman barang memang menjadi hal yang biasa. Tetapi jika telat seminggu, pastinya menjadi masalah tersendiri dan harus segera ditindaklanjuti. Salah satu kasus yang pernah saya alami paling parah adalah barang telat sampai nyaris 2 minggu, padahal jaraknya cuma antar kota, bukan antar pulau.

Setelah membuat laporan dan mengunjungi ke kantor besar jasa pengiriman, alhasil masalahnya disebabkan karena teledor dari pihak mereka yang membuat barangnya tidak di-input pada saat itu, sehingga tidak segera dilakukan pengiriman ke alamat tujuan.

Pengalaman setiap orang mungkin berbeda-beda, jika kamu ingin sharing juga, atau barangkali ingin bertanya sesuatu terkait topik di artikel ini, silakan tuliskan itu di kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *