Cara Menampilkan Tombol CTRL, ESC, ALT, FN di Android

Secara umum, keyboard yang ada di ponsel tidak memiliki tombol CTRL atau ALT layaknya di komputer atau laptop. Hal tersebut dikarenakan tombol-tombol itu kebanyakan tidak dipakai dalam proses mengetik dan lebih sering digunakan untuk hal tertentu yang mempengaruhi program yang sedang dibuka.

Sebagai contohnya memanggil shortcut pada suatu program, pasti lebih sering memakai tombol CTRL ini. Sedangkan di ponsel, keyboard hanya berfungsi untuk mengetik saja, jadi tombolnya berbeda dan tidak lengkap apabila dibandingkan dengan keyboard fisik atau yang asli.

Tapi ada cara lho untuk bisa menampilkan tombol yang tidak didukung itu supaya muncul pada layar. Karena siapa tahu kamu membutuhkannya untuk hal-hal tertentu.

Menampilkan Tombol CTRL ALT dan Lain-Lain di Keyboard Android

Yang diperlukan untuk menampilkan tombol-tombol itu adalah memasang aplikasi bernama Hacker’s Keyboard. Itu merupakan aplikasi keyboard gratis namun bedanya memiliki kelebihan dari sisi tombol yang disediakan.

Tak hanya tombol CTRL ALT dan ESC saja yang ditampilkan, melainkan tombol anak panah juga ada. Meski ada tombol lain yang tidak diikutkan, akan tetapi beberapa tombol yang disediakan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Jadi apabila kamu belum memasang keyboardnya, silakan download terlebih dahulu di Play Store.

Dan apabila aplikasinya sudah terpasang, silakan buka dan pilih tombol Enable Keyboard dan ikuti intruksi yang ditampilkan disana untuk menghidupkannya.

Pilih Tombol Enable Keyboard

Dan apabila sudah, lanjutkan menekan tombol Set Input Method, dan kotak dialog akan muncul, silakan pilih Hacker Keyboard.

Memilih Hacker Keyboard

Jika sudah mengaturnya, coba ketuk pada teks test yang ada di kolom sebelahnya untuk memastikan keyboard berfungsi dengan benar.

Menampilkan Tombol CTRL ESC ALT FN di Keyboard

Mengembalikan ke Tampilan Keyboard Semula

Apabila kamu ingin kembali lagi ke tampilan keyboard semula, untuk cara mudahnya silakan buka kembali aplikasi Hacker Keyboard, dan setelah itu ketuk tombol Set Input Method.

Dan pada dialog yang tampil, pilih nama keyboard yang digunakan sebelumnya. Contohnya Samsung Keyboard atau Google Keyboard.

Mengembalikan Tampilan Keyboard Menjadi Semula

Dan setelah itu coba cek kembali, apakah keyboard sudah berhasil diganti dan berubah ke tampilan yang semula?

Baca juga: Cara Menghapus Salinan Papan Klip di Samsung Keyboard Android

Kegunaan Tombol CTRL, ESC, dan ALT pada Keyboard Android

Jika dalam penggunaan Android, tombol sejenis itu tidak memiliki maksud yang besar dalam tindakan mengetik teks. Tapi tombol tersebut sangat dibutuhkan bagi seseorang yang mengalihkan sesuatu pada terminal.

Walau beberapa aplikasi terminal telah menyediakan tombol-tombol itu, akan tetapi untuk cara tercepat dalam menerapkannya lebih mudah jika langsung dari keyboard. Setidaknya itu menurut saya pribadi.

Sedangkan saya sendiri juga lebih sering memakai tombol-tombol itu untuk mengalihkan sesuatu pada terminal. Salah satu contohnya menghentikan proses yang berjalan melalui latar belakang melalui TMUX, karena harus memakai kombinasi CTRL+C serta pengeditan file menggunakan editor VIM yang mana melibatkan tombol ESC juga.

Untuk beberapa shortcut juga bisa diterapkan langsung pada keyboard tersebut. Contohnya menyalin semua teks yang kamu ketik menggunakan kombinasi CTRL+A, dan untuk lebih jelasnya ada baiknya untuk kamu coba sendiri ya di aplikasinya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.