Cara Mengubah Password WiFi Indihome Lewat HP

Cara Mengubah Password WiFi Indihome Lewat HP

Mengubah password WiFi secara rutin tiap bulannya adalah salah satu cara pintar untuk mengamankan jaringan WiFi supaya tidak digunakan oleh orang lain. Tapi kebanyakan orang tidak tahu bagaimana cara mengubahnya, sehingga untuk melakukannya selalu memanggil teknisi terlebih dahulu.

Beberapa orang mungkin berpikir mengubah password WiFi hanya bisa dilakukan melalui laptop menggunakan kabel. Tapi sebenarnya untuk menggantinya juga bisa dilakukan lewat HP, dan untuk melakukannya pun juga sama mudahnya.

Di Indihome, router yang disediakan kepada pelanggan rata-rata memiliki menu yang sama, dan disini akan saya bagikan cara melakukannya melalui HP atau ponsel beserta gambarannya.

Mengubah Password WiFi Indihome Melalui HP

Satu hal penting untuk bisa mengubah passwordnya adalah mengetahui halaman gateway pada router. Secara umum, IP gatewaynya adalah 192.168.1.1, jadi jika mengakses alamat IP tersebut di browser, maka halaman admin akan terbuka dan kamu bisa mengubah setelan passwordnya. Dan berikut ini cara lengkapnya.

  1. Pertama-tama pastikan jaringan WiFi telah terhubung ke ponsel.
  2. Selanjutnya buka browser Chrome dan ketik 192.168.1.1 pada alamat tujuan, dan klik OK.

    Ketik 192.168.1.1 di Chrome

  3. Setelah itu tuliskan kolom username sebagai user, dan password sebagai user. Lalu klik tombol Login.

    Tulis Username dan Password

  4. Apabila sudah berhasil masuk, silakan klik pada menu Network > WLAN > Security.

    Pilih Menu Security

  5. Sekarang password WiFi saat ini akan tampil, kamu bebas untuk mengubahnya sesuai keinginan.

    Mengubah Password WiFi Indihome Melalui Ponsel

  6. Apabila sudah mengubahnya, klik tombol Submit untuk menyimpannya.

    Mengganti Password Indihome Lewat HP

  7. Kini password berhasil diubah dan tunggu 1 menit untuk proses restart router selesai.

Ketika password sudah berhasil diganti, silakan lupakan jaringan terlebih dahulu pada ponsel dan setelah itu coba hubungkan kembali menggunakan password yang baru. Pasti kini WiFi sudah dapat terhubung memakai password yang baru diatur.

Baca juga: Cara Mengetahui Kecepatan WiFi Indihome

Solusi 192.168.1.1 Tidak Bisa Dibuka

Sesuai pada artikel diatas, untuk mengakses halaman admin WiFi Indihome rata-rata memang menggunakan alamat IP 192.168.1.1. Namun apabila itu tidak berfungsi, berarti alamat IP gatewaynya berbeda, dan harus diketahui terlebih dahulu supaya bisa menuju halaman adminnya.

Solusinya cukup mudah, kamu hanya perlu menuju setelan WiFi pada ponsel, dan kemudian ketuk pada jaringan WiFi yang terhubung saat ini dan gulir kebawah temukan bagian Router atau Gateway.

Mendapatkan IP Gateway WiFi

Alamat IP yang tampil pada bagian Router seperti contoh gambar diatas bisa kamu gunakan untuk masuk ke halaman admin WiFi. Dan apabila sudah bisa masuk, silakan lanjutkan mengikuti tutorial diatas tadi.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.