Cara Undo dan Redo di Windows (Mudah Banget)

Cara Undo dan Redo di Windows (Mudah Banget)

Sudah tahu belum tentang Undo dan Redo? Di dalam dunia program, Undo memiliki arti sebagai mengembalikan atau membatalkan tindakan yang baru saja dilakukan. Sedangkan Redo adalah kebalikannya, yaitu menerapkan kembali tindakan yang baru saja di-Undo.

Fitur ini sangat berguna sekali untuk penggunaan komputer sehari-hari, karena kita tidak perlu susah payah untuk menghapus tindakan yang baru saja dilakukan, karena yang perlu diterapkan hanyalah meng-Undo saja.

Sebagai contoh sederhananya, kamu baru saja menghapus suatu file dan file tersebut masuk ke Recycle Bin. Normalnya, pengguna bisa menggunakan fitur restore untuk mengembalikan file yang tidak sengaja dihapus itu. Namun dengan fitur Undo, pengguna bisa melakukannya dengan sekali klik saja. Tertarik ingin mencoba? Simak terus artikel ini.

Tutorial Undo dan Redo di Windows

Segala program rata-rata memiliki fitur Undo dan Redo untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan programnya. Dan tidak perlu menunggu lama lagi, inilah cara untuk melakukan kedua tindakan tersebut, dimulai dari Undo terlebih dahulu.

Cara Undo di Windows

Opsi Undo rata-rata digunakan sebagai shortcut (jalan pintas), sehingga yang perlu kamu lakukan adalah menekan kombinasi tombol antara CTRL+Z pada keyboard.

Kombinasi Tombol Undo di Windows

Jika ingin langsung mempraktekannya, silakan buka Notepad dan ketik suatu teks di sana. Kemudian Undo menggunakan kombinasi tombol tersebut, dan sepastinya teks yang baru saja kamu ketik tadi akan menghilang. Sederhana sekali bukan?

Cara Redo di Windows

Masih sama menggunakan kombinasi tombol pada keyboard, dan kombinasi untuk Redo adalah CTRL+Y.

Kombinasi Tombol Redo di Windows

Redo hanya bisa diterapkan apabila kamu baru saja meng-Undo suatu tindakan. Jika ingin mempraktekannya, silakan coba Undo suatu teks pada Notepad dan kemudian Redo, pasti teks yang baru saja di Undo akan kembali lagi.

Kombinasi Tambahan Fitur Undo Redo di Suatu Program

Pada suatu program, terkadang fitur Undo dan Redo memiliki shortcut atau kombinasi tombol yang berbeda, namun rata-rata masih melibatkan tombol CTRL, Z, dan Y. Sementara tombol tambahannya adalah SHIFT atau ALT.

Jadi misalnya ingin meng-Undo, kombinasinya menjadi seperti ini: CTRL+SHIFT+Z

Dan begitu pula dengan Redo. Jadi kombinasi di atas hanya sebagai contoh saja, sedangkan pada suatu program biasanya sudah dipaparkan kombinasi tombolnya pada menu atau letak opsi Undo dan Redo ditampilkan.

Contoh lainnya seperti di Notepad++, kombinasinya seperti pada gambar di bawah ini:

Fitur Undo dan Redo di Notepad++

Di program Notepad++, kombinasi tombol untuk Undo selain menggunakan CTRL dan Y, juga bisa digunakan sebagai ALT+Backspace.

Baca juga: Cara Rename Banyak File di Windows Secara Berurutan

Kesimpulan

Fitur Undo dan Redo banyak di-implementasikan pada suatu program untuk memudahkan pengguna dalam melakukan tindakan di dalamnya. Dengan bantuan kombinasi tombol, pengguna dapat menerapkan fitur tersebut dengan cepat, sehingga tidak perlu mencari fiturnya ada dibagian menu mana.

Apabila ada yang ingin ditanyakan terkait tutorial Undo dan Redo di atas, sangat dipersilakan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *