Cara Mengubah Tema Touch Keyboard di Windows 11

Cara Mengubah Tema Touch Keyboard di Windows 11

Dukungan tablet pada Windows 11 semakin banyak jika dibandingkan pada Windows versi sebelumnya. Selain tampilannya yang lebih nyaman untuk dilihat, ternyata ada satu hal yang sangat menarik untuk dicoba, yaitu tampilan touch keyboard.

Secara default, touch keyboard yang ditawarkan pada Windows 11 memiliki tampilan yang mirip seperti Android KitKat. Tapi di Windows 11, kamu bisa mengubah tampilan itu sesuai yang diinginkan. Dan sampai saat ini ada sekitar 15 tema yang siap kamu gunakan.

Selain dari 15 tema itu, Windows juga menyediakan opsi untuk melakukan kustomisasi manual, dimana kamu bisa mengatur sendiri warna tampilan dari keyboard sesuai yang diharapkan.

Tutorial Mengubah Tema Touch Keyboard pada Windows 11

Mengganti tampilan touch keyboard dapat dilakukan tanpa harus memasang aplikasi lain lagi, karena Windows telah menyediakan langsung di pengaturan, sehingga kamu dapat langsung memilih atau mengkustomisasi sendiri terhadap tampilan sesuka hati.

Dan berikut ini langkah-langkah untuk mengubahnya:

  1. Buka Windows Settings.
  2. Klik menu Personalization.

    Klik Menu Personalization

  3. Kemudian klik menu Touch Keyboard.

    Klik Menu Touch Keyboard

  4. Maka akan muncul beberapa tema yang bisa kamu pilih.

    Memilih Tema Touch Keyboard

  5. Jika ingin membuat tema sendiri, silakan pilih bagian Custom Theme dan kemudian klik tombol Edit.

    Membuat Tema Sendiri

  6. Setelah itu silakan atur warna sesuai yang kamu inginkan.

    Mengubah Tema Touch Keyboard di Windows 11

  7. Apabila sudah, klik tombol Save untuk menyimpannya.

    Menyimpan Setelan Tema

  8. Selesai, kini tampilan Touch Keyboard berhasil diubah.

Tak cuma tampilan saja yang dapat diatur, tapi ukuran keyboard dan juga ukuran teks juga dapat dipilih sesuai kenyamanan. Karena terkadang ukuran bisa saja terlalu besar atau kecil, dan setiap orang pasti mempunyai tingkat kenyamanannya tersendiri.

Touch Keyboard Berbeda dengan On-Screen Keyboard

Ketahui pula bahwa Touch Keyboard tidak sama dengan On-screen Keyboard. Jadi pada dasarnya Windows memiliki dua jenis keyboard yang dapat ditampilkan pada layar. Ini sangat berguna bagi pengguna yang sekiranya memiliki tombol yang rusak pada keyboard fisik.

Akan tetapi Touch Keyboard lebih ditujukan untuk perangkat tablet, sedangkan On-screen Keyboard dapat digunakan sebagai pengganti keyboard fisik karena memiliki tombol yang lebih lengkap. Dan setelan tampilan Touch Keyboard tidak akan mempengaruhi terhadap On-screen Keyboard.

Baca juga: Begini Cara Mengetes Kecepatan Mengetik Keyboard

Akhir Kata

Mengubah tampilan Touch Keyboard dapat dijadikan salah satu cara untuk menyingkirkan kebosanan terhadap apa yang kita lihat setiap hari. Sama halnya seperti mengubah wallpaper di tablet atau di ponsel, terkadang beberapa orang memberi warna keyboard yang serasi terhadap itu supaya lebih nyaman ketika dipandang.

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang tutorial diatas, sangat dipersilakan untuk menuliskan komentar pada kolom yang disedikan pada bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.