Menampilkan Suggestion dan Autocorrect Saat Mengetik di PC

Menampilkan Suggestion dan Autocorrect Saat Mengetik di PC

Fitur autocorrect tak hanya hadir pada perangkat ponsel saja, bahkan fitur tersebut juga ada kok di komputer Windows. Dengan bantuan autocorrect, kamu tidak akan pernah salah lagi ketika mengetik kata, dan terbantu dari kamus yang telah disiapkan oleh sistem.

Apabila kamu tidak ingin menggunakan fitur autocorrect, adapun fitur suggestion yang memiliki kegunaan untuk menampilkan sugesti kata sesuai yang kamu ketik. Jadi selain kata yang dihasilkan akurat, kamu akan dibantu untuk mempercepat dalam proses mengetik.

Kedua fitur tersebut pun dapat kamu aktifkan secara bersamaan. Jika menurut saya, fitur ini sangat cocok diaktifkan ketika menulis bahasa inggris supaya tidak sampai salah dalam pengejaan kata.

Tutorial Mengaktifkan Fitur Autocorrect dan Suggestion di PC

  1. Silakan buka Windows Settings terlebih dahulu.

    Buka Windows Settings

  2. Kemudian klik menu Devices.

    Klik pada Menu Devices

  3. Lalu klik pada menu Typing.

    Klik Menu Typing

  4. Gulir kebawah sampai bagian Hardware Keyboard.

    Menuju Hardware Keyboard

  5. Setelah itu aktifkan pada opsi Show text suggestion as I type dan juga opsi Autocorrect misspelled words I type.

    Menampilkan Suggestion dan Autocorrect pada Keyboard Fisik di PC

  6. Selesai, sekarang kedua fitur tersebut telah aktif.

Kamu bisa mencobanya di Notepad atau Microsoft Words. Pastinya sugesti kata akan langsung tampil dibagian atas ketika kamu mengetik. Kamus yang dihasilkan suggestion dan autocorrect tergantung dari setelan bahasa pada keyboard.

Mengatur Setelan Bahasa Keyboard

Untuk membuat fitur autocorrect dan suggestion semakin akurat sesuai kebutuhanmu dalam mengetik, ada baiknya untuk mengatur setelan bahasa. Jadi contohnya ketika kamu memilih bahasa Inggris, maka kamus yang dihasilkan akan cocok untuk proses pengetikan bahasa Inggris, dan sebaliknya dengan Bahasa Indonesia.

Mengatur keyboard dapat dilakukan melalui toolbar. Secara default terdapat dua bahasa yang tersedia, yaitu IND (Indonesia) dan ENG (Inggris). Berikut ini contoh gambarannya:

Mengatur Setelan Bahasa Keyboard

Jadi silakan atur itu sesuai kondisi kamu dalam mengetik. Apabila sedang mengetik Bahasa Inggris, silakan atur ke ENG, dan sebaliknya apabila mengetik Bahasa Indonesia, silakan pilih sebagai IND.

Baca juga: Cara Matikan Autocorrect pada Google Keyboard Android

Akhir Kata

Fitur autocorrect sangat cocok diaktifkan pada pengguna yang sering melakukan kesalahan dalam mengetik. Tapi sebagian orang juga kadang risih terhadap fitur ini dan hanya mengaktifkan fitur suggestion saja.

Jika saya sendiri hanya menggunakan fitur suggestion saja, karena untuk kesalahan kata bisa dideteksi langsung dari fitur mispelled word pada program yang digunakan.

Apabila kamu memiliki pertanyaan tentang cara memunculkan autocorrect dan suggestion pada PC, silakan langsung berkomentar untuk segera mendapatkan solusi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.