Cara Menghapus Salinan Papan Klip di Samsung Keyboard Android

Setiap aplikasi keyboard di Android kini rata-rata memiliki fitur clipboard atau papan klip yang kegunaannya untuk menyimpan apa saja yang pernah disalin. Sehingga salinan tersebut nantinya dapat digunakan kembali.

Salinan yang dapat disimpan pada papan klip rata-rata adalah teks, tapi sebagian juga mendukung untuk gambar seperti screenshot, salah satunya pada Samsung Keyboard. Tentunya terdapat maksimal teks atau gambar yang bisa disimpan pada fitur clipboard tersebut.

Salinan yang tersimpan juga akan terhapus sendiri ketika kamu menyalin lebih banyak teks atau gambar, jadi apapun yang kamu salin tidak selamanya tersimpan. Akan tetapi kamu juga dapat menghapus seluruh salinan pada clipboard secara manual.

Menghapus Salinan Clipboard pada Samsung Keyboard

Menghapus seluruh salinan papan klip clipboard juga termasuk melindungi privasi lebih baik, karena memungkinkan orang lain takkan mengetahui apa saja yang baru kamu salin ketika menjelajah di internet atau lainnya.

Karena sebagian salinan merupakan hal yang penting, salah satunya seperti password, alamat email, dan lain-lainnya. Jadi dengan menghapusnya, tentunya akan menjaga privasi kamu lebih baik lagi.

Dan berikut ini tata cara menghapusnya:

  1. Silakan munculkan keyboard terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya ketuk opsi titik tiga.

    Ketuk Opsi Titik Tiga

  3. Lanjutkan ketuk menu Papan klip.

    Ketuk Menu Papan Klip

  4. Kemudian ketuk pada ikon tong sampah untuk menghapusnya.

    Ketuk Ikon Tong Sampah

  5. Dialog akan muncul, silakan ketuk tombol Hapus.

    Menghapus Salinan Papan Klip di Samsung Keyboard

  6. Selesai, seluruh salinan pada papan klip berhasil dihapus.

Salinan yang dihapus takkan bisa dikembalikan lagi. Jadi pastikan untuk mengecek terlebih dahulu sebelum menghapusnya. Dan cara diatas dikhususkan untuk Samsung Keyboard saja, sedangkan pada aplikasi keyboard lainnya mungkin langkah-langkahnya berbeda.

Baca juga: 3 Aplikasi Clipboard Terbaik untuk Android

Manfaat dari Menghapus Salinan Papan Klip

Salah satu manfaatnnya tentunya adalah menjaga privasi diri ketika menggunakan ponsel untuk menyalin suatu teks. Jika teks atau gambar yang kamu salin terlalu sensitif, tentunya hal tersebut dapat membahayakan apabila sampai dilihat oleh orang lain.

Jadi jika misalnya ponsel kamu sering dipinjam oleh teman atau keluarga dan kamu tidak ingin mereka mengetahui salinan yang pernah kamu simpan di papan klip, maka sebaiknya untuk dikosongkan atau dihapus terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.