≡ Menu

Cara Mengubah Orientasi Layar di Windows 10

Tak cuma layar di ponsel saja yang rotasinya bisa diubah, bahkan di komputer Windows pun juga bisa lho. Khususnya bagi yang memakai laptop touchscreen, fitur ini mungkin akan sangat penting untuk keadaan tertentu.

Jadi tanpa memakai program apapun, kamu bisa mengubah orientasi atau rotasi layar dengan mudah sesuai kebutuhan. Dan kamu tak perlu memikirkan terhadap tampilannya nanti, karena UI yang ada di Windows 10 ini responsive terhadap segala ukuran layar.

Jika kamu pernah mengakses layar komputer di ponsel, sama seperti itulah tampilan potret yang bisa kamu nikmati. Dan secara default, orientasi layar Windows 10 telah diatur sebagai lansekap.

Mengubah Orientasi Layar atau Rotasi di Windows 10

  1. Klik kanan pada desktop.
  2. Pilih pada menu Display Settings.

    Klik Menu Display Settings

  3. Gulir kebawah sampai bagian Display Orientation.

    Menuju Bagian Display Orientation

  4. Silakan ubah kolom dibawahnya dengan rotasi yang diinginkan.

    Mengubah Orientasi Layar pada Windows 10

  5. Seketika rotasi akan langsung berubah.

Ada sekitar 2 jenis orientasi layar yang bisa kamu pilih, yaitu Lansekap dan Potret. Namun 2 jenis itu juga bisa dibalik apabila kamu memilih opsi Flipped. Untuk mengembalikannya ke semula, cukup memilih pada opsi Landscape.

Mengapa Orientasi Layar Tidak Berubah?

Normalnya rotasi pada layar akan langsung mengikuti setelan ketika itu diubah. Namun adapula kejadian dimana itu tidak berpengaruh. Dan dari beberapa kasus yang terjadi, hal ini disebabkan karena adanya program yang sedang mengontrol terhadap rotasi layar.

Jadi pastikan akhir-akhir ini kamu tidak sedang memasang aplikasi yang berpengaruh terhadap rotasi layar sistem. Karena barangkali program tersebut berjalan di latar belakang dan mencekal terhadap perubahan orientasi layar.

Alterntifnya, kamu bisa me-restart perangkat terlebih dahulu dan kemudian lakukan langkah diatas kembali.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Layar Kuning pada Windows 10

Kesimpulan

Windows menyediakan fitur untuk mengubah orientasi layar dengan cepat dan mudah. Sehingga pengguna tidak perlu lagi memasang program lain. Tampilan pada Windows pun juga tetap rapi dan tidak akan berantakan, baik itu dari sisi menu, taskbar, dan lain-lain.

Jika kamu mengalami kendala ketika mengubah orientasi layar pada tutorial diatas, silakan langsung berkomentar untuk mendapatkan solusi secepat mungkin.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment