Cara Mengaktifkan Fitur Pembesar Layar di Samsung

Pembesar layar atau bisa juga disebut sebagai Magnification dalam ponsel Android merupakan fitur yang sangat berguna bagi seseorang yang ingin melihat teks lebih dekat dari jangkauan normal. Ini ibarat seperti melakukan pembesaran atau zoom terhadap gambar, namun bedanya dapat diterapkan ke berbagai hal.

Contohnya, kamu membuka suatu aplikasi dan didalam aplikasi tersebut seluruh teks yang ditampilkan kecil dan tak memiliki pengaturan untuk memperbesar. Jadi satu-satunya cara untuk memperbesar teks itu supaya terlihat lebih jelas adalah menggunakan fitur pembesar layar.

Fitur Pembesar Layar hadir untuk semua ponsel Android, akan tetapi di artikel ini saya ingin membagikan cara menggunakannya khusus untuk ponsel Samsung saja. Meskipun begitu, menu yang ada di ponsel lain terkadang tidak beda jauh dalam mengaktifkannya.

Mengaktifkan Fitur Pembesar Layar atau Magnification di Samsung

Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur tersebut, silakan simak dan ikuti caranya dibawah ini:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Aksesibilitas.

    Ketuk Menu Aksesibilitas

  3. Kemudian ketuk menu Peningkatan Visibilitas.

    Ketuk Menu Peningkat Visibilitas

  4. Selanjutnya gulir kebawah dan pilih Pembesaran.

    Pilih Menu Pembesaran

  5. Silakan aktifkan pada opsi Ketuk layar tiga kali untuk memperbesar.

    Mengaktifkan Fitur Pembesar Layar di Samsung

  6. Selesai, kini fitur pembesar layar telah berhasil diaktifkan.

Apabila fitunya sudah aktif, kini kamu dapat langsung mencobanya dengan cara mengetuk layar selama tiga kali dengan cepat. Pastinya layar akan langsung di-zoom layaknya sebuah gambar.

Dan untuk menggulir layar, harap gunakan dua jari, karena jika memakai satu jari saja tidak akan direspon oleh sistem. Sedangkan apabila ingin mengembalikan layar ke semula, silakan ketuk layar tiga kali kembali.

Antara Mengatur Ukuran Teks dan Mengaktifkan Pembesar Layar

Kebutuhan setiap orang pasti berbeda-beda, khususnya dalam menggunakan ponsel untuk membaca suatu teks. Tentunya setiap orang menginginkan ukuran teks se-nyaman mungkin untuk dilihat. Dan di semua ponsel Android pun sebenarnya sudah disediakan fitur untuk mengatur ukuran teks tersebut.

Saya pun lebih menyarankan untuk menggunakan setelan ukuran teks ini karena lebih responsive dalam tampilan untuk segala aplikasi. Jadi setiap aplikasi yang kamu buka, misalnya Facebook, Twitter, atau Instagram, ukuran teksnya akan mengikuti pada setelan di ponsel kamu.

Baca juga: Cara Memperbesar Tampilan Layar di Ponsel Samsung

Sedangkan fitur pembesar layar ini, jika menurut saya lebih cocok diterapkan bagi seseorang yang memiliki gangguan terhadap penglihatan ketika membaca teks. Itu akan sangat membantu sekali untuk mengetahui teks apa yang sedang dilihat saat ini, bahkan meski keadaan setelan ukuran teks paling besar.

Walau itu hanya sekedar saran dari saya, tapi tak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba terlebih dahulu terhadap kedua hal tersebut. Karena sekali lagi, bahwa beberapa orang memiliki kenyamanan tersendiri saat menggunakan ponsel, alias berbeda pendapat dari saran yang saya berikan, dan itu tidak masalah selagi nyaman untuk diterapkan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.