Cara Merekam Layar Menggunakan Microsoft PowerPoint

Cara Merekam Layar Menggunakan Microsoft PowerPoint

Mungkin kamu sudah tahu apabila Microsoft PowerPoint merupakan program yang biasa dipakai untuk melakukan presentasi. Khususnya dalam hal slide gambar atau video se-menarik mungkin, dibantu dengan banyaknya fitur yang tersedia disana.

PowerPoint juga bisa dipakai untuk merekam layar di komputer lho, tentunya hal tersebut bertujuan bagi pengguna yang membutuhkan konten pada layar komputer tanpa harus memakai program lain lagi. Dan video hasil rekaman layar itu bisa disimpan pada projek presentasi atau sebatas file video saja.

Fitur untuk merekam layar ini menurut saya sudah lumayan bagus, karena terdapat fitur tambahan untuk mengontrol hasil perekaman tersebut, salah satunya adalah fitur crop pada layar dan juga fitur untuk menghidupkan atau mematikan audio dan kursor sesuai keperluan.

Tutorial Merekam Layar Menggunakan PowerPoint

Berikut ini tata cara untuk merekam layar Windows menggunakan Microsoft PowerPoint:

  1. Buka Presentasi pada Microsoft PowerPoint.
  2. Selanjutnya klik menu Rekam.

  3. Akan muncul menu dibawahnya, silakan pilih Perekaman Layar.

  4. Selanjutnya silakan crop (potong) area perekaman pada layar.
  5. Dan klik tombol Rekam untuk memulai.

  6. Untuk menghentikan perekaman, silakan klik tombol WINDOWS+SHIFT+Q secara bersamaan pada keyboard.
  7. Hasil video akan muncul pada presentasi. Jika ingin menyimpan sebagai file saja, silakan klik kanan pada video dan pilih opsi Simpan Media Sebagai.

  8. Setelah itu beri nama terhadap filenya dan pilih formatnya sebagai MP4, lalu klik tombol Simpan.
  9. Selesai, hasil rekaman layar dapat dilihat pada folder Dokumen.

Jadi bisa disimpulkan disini bahwa hasil rekaman layar dapat dipakai untuk projek presentasi, atau bisa langsung disimpan dalam jenis file video MP4. Itu bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dalam perekaman layar tersebut.

Mengaktifkan atau Menonaktifkan Audio Saat Perekaman Layar

Saat proses perekaman layar, tersedia dialog atau popup pada bagian atas sebagai fitur tambahan. Fitur tersebut meliputi jeda, stop, menonaktifkan audio atau kursor.

Supaya menu tersebut tampil, kamu hanya perlu mengarahkan kursor kebagian atas layar, dan setelah itu menu tersebut akan muncul. Dan kamu bisa menekan menu audio apabila ingin menonaktifkannya. Dan secara default itu sudah aktif.

Baca juga: Cara Merekam Internal Audio di Komputer dengan Mudah

Kelebihan dan Kekurangan Perekaman Layar di PowerPoint

Singkatnya, kelebihan dari fitur rekaman layar ini adalah praktis dalam penggunaan. Jadi tidak perlu cara ribet dan menu yang banyak hanya untuk merekam layar saat ini. Sehingga hanya perlu beberapa klik saja dan proses perekaman layar telah berhasil berjalan.

Kekurangannya adalah pada sisi kualitas video. Dimana menurut saya FPS yang disediakan sangat minim. Inilah mengapa ukuran rekaman video tidak terlalu besar. Kurang lebih FPS yang dibuat pada saat perekaman hanya sekitar 15 saja, sehingga hasilnya kurang halus.

Meskipun kurang halus, akan tetapi gambar yang tampil pada video sangat jelas. Dan siapa tahu kedepannya terdapat pengaturan untuk mengubah kualitas video supaya hasilnya lebih maksimal.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.