Cara Menampilkan Tombol yang Ditekan di Keyboard

Ingin menampilkan tombol apa yang sedang ditekan saat ini pada layar? Itu mudah kok, hanya membutuhkan satu program kecil saja. Biasanya seseorang yang ingin menerapkan hal ini memiliki tujuan untuk membuat video tutorial, supaya para penonton lebih memahami terkait apa yang ditekan pada keyboard.

Ada sebagian program yang berbayar yang memberikan banyak fitur untuk melakukan itu, tapi adapula yang gratis dan fiturnya terbatas. Namun disini saya hanya akan membagikan program yang gratis saja, karena saya pikir itu sudah cukup bagus.

Nama dari program yang saya bagikan disini adalah KeyPose. Program atau aplikasi tersebut telah disediakan sejak tahun 2008, dan masih bisa di download secara gratis hingga sekarang. Dan bagian terbaiknya adalah KeyPose adalah open source, jadi pengguna bisa melihat, mengedit kodenya dan meng-compile programnya secara manual apabila itu yang diinginkan.

Menampilkan Tombol Keyboard yang Ditekan dengan KeyPose

Pertama-tama silakan download KeyPose pada situs 256File, atau jika ingin meng-compile sendiri bisa menuju repositorynya di Github.

Apabila sudah, buat folder baru dan ekstrak file ZIP tadi ke folder tersebut. Dan nantinya akan ada dua file yang berhasil di-ekstrak.

Kedua File yang Berhasil Di Ekstrak

Apabila sudah, klik dua kali pada KeyPose.exe dan setelah itu coba tekan tombol apapun di Keyboard, pasti akan muncul pada layar.

Menampilkan Tombol Keyboard yang Ditekan dengan KeyPose

Nah, sekarang kamu sudah bisa memunculkan tombol yang ditekan pada keyboard. Dan karena ini gratis, jadi fiturnya hanya terbatas itu saja.

Menonaktifkan KeyPose

Bagi seseorang yang baru mencoba program ini mungkin merasa kebingungan terkait bagaimana cara menonaktifkannya, karena merasa sudah tidak ingin menampilkan apa yang di tekan pada keyboard, alias mengeluarkan programnya.

Program KeyPose ini berjalan pada toolbar. Tepatnya di bagian samping kanan bawah. Disana akan ada ikon KeyPose, dan kamu hanya perlu klik kanan, kemudian klik pada opsi Close Application. Dan setelah itu KeyPose akan berhenti dan tidak akan menampilkan apapun di layar.

Alternatif KeyPose Terbaik

Apabila kamu ingin aplikasi atau program selain KeyPose yang memiliki banyak fitur, disini saya hanya menyarankan satu alternatif saja. Yaitu KeyPress OSD yang bisa di download melalui Microsoft Store.

Program tersebut di banderol dengan harga sekitar 200 ribu dan saya pikir sangat cocok dipakai untuk pembuatan video tutorial supaya penonton lebih mudah dalam memahaminya.

Kamu bisa mengatur posisi terkait teks dari tombol keyboard yang ditekan pada layar. Tak hanya itu, ada pula fitur untuk mengubah ukuran teksnya, warna, dan lain-lain. Jadi menurut saya harganya sepadan dengan seluruh fitur yang disediakan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.