Cara Rekam Layar di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Cara Rekam Layar di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Ponsel Android Samsung kini rata-rata memiliki fitur untuk merekam layar tanpa perlu memasang aplikasi lagi, sehingga hasil video perekaman akan maksimal dan terlihat jernih. Tapi masih banyak pengguna yang belum tahu bagaimana cara untuk menggunakannya.

Kebanyakan pengguna biasanya akan memasang aplikasi perekam layar di Play Store. Namun tahukah kamu bahwa terdapat satu kelebihan ketika kamu menggunakan fitur rekaman layar dari bawaan ponsel Samsung, yakni dapat merekam internal audio dengan sangat baik.

Dibanding memasang aplikasi perekam layar lain justru dapat membuat ruang penyimpanan terbuang sia-sia. Dan disini akan saya bagikan langkah mudah untuk merekam layar di ponsel Samsung tanpa memerlukan aplikasi.

Merekam Layar Ponsel Tanpa Aplikasi pada Samsung

Screen Recorder yang ada di Samsung memiliki fitur yang lumayan lengkap, jadi tentunya ini tidak akan kalah bagus dengan menggunakan aplikasi lain. Terlebih lagi perekam layar ini sangat ringan, sehingga cocok digunakan untuk segala hal, termasuk bermain game sekalipun.

Dan berikut ini tata cara untuk merekam layar di ponsel Samsung tanpa aplikasi:

  1. Buka Panel Notifikasi.
  2. Selanjutnya ketuk pada Perekam Layar.

    Ketuk Perekam Layar

  3. Dialog akan muncul, silakan atur preferensi sesuai yang diinginkan.

    Mengatur Setelan Perekam Layar di Samsung

  4. Dan kemudian ketuk opsi Mulai Merekam.
  5. Pada hitungan mundur 5 detik, layar akan mulai direkam.
  6. Untuk menghentikannya, silakan ketuk tombol stop yang tampil dibagian pojok.

    Merekam Layar Tanpa Aplikasi pada Ponsel Samsung

Tombol aksi overlay yang tampil pada pojok layar takkan ikut ter-rekam, inilah yang membuat fitur ini semakin bagus. jadi kapanpun kamu ingin melakukan pause, stop, atau lain-lain dapat dilakukan dengan rapi, alias tidak ada indikasi bahwa kamu melakukan tindakan tersebut pada layar.

Merekam Internal Audio Tanpa Suara Mikrofon

Fitur yang banyak dicari adalah perekam suara media atau internal audio. Bahkan banyak aplikasi perekam layar masih tak bisa menghadirkan fitur tersebut karena beberapa penyebab. Namun di Samsung, fitur perekam layarnya dapat diatur untuk hanya merekam suara internal audio saja.

Jadi pada saat akan memulai perekaman layar, dialog akan muncul, yang mana disana kamu bisa mengatur setelan suara. Baik ingin membisukannya, menampilkan suara media saja, atau menampilkan suara media dan mikrofon.

Jika kamu hanya ingin internal audio saja, silakan pilih pada opsi Suara Media. Dengan begitu suara mikrofon takkan terdengar ketika perekaman dimulai. Dan pastinya suara media atau internal audio akan terdengar halus dan jelas, khususnya ketika didengarkan melalui headset, takkan ada suara angin lagi.

Baca juga: Cara Tes Layar dan Sensor di HP Samsung

Setelan Lain pada Perekam Layar Samsung

Adapun setelan lain yang bisa kamu temukan pada Pengaturan > Fitur Lanjutan > Gambar Layar dan Perekam Layar. Disana terdapat beberapa opsi seperti mengatur suara, kualitas video, dan juga ukuran video selfie.

Untuk saat ini mungkin fitur tersebut tergolong minim sekali, namun semoga saja kedepannya Samsung memberikan opsi lain terkait perekaman layar ini. Khususnya pemilihan jenis format video untuk menambah atau menurunkan kualitas perekaman.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.