Cara Mengatasi Layar Hitam pada Adobe Premiere Pro

Cara Mengatasi Layar Hitam pada Adobe Premiere Pro

Mengedit video memang sangat mudah dilakukan pada Premiere Pro, itu karena program tersebut menyediakan interface yang mudah untuk dipahami, sehingga siapa saja yang beralih program video editing pasti akan langsung paham ketika menggunakan Premiere Pro.

Setiap program editor video pasti memiliki sebuah kesalahan yang tak terduga, bahkan meski pada Premiere Pro sekalipun. Sebagai contohnya adalah layar video yang tampil blank hitam ketika mencoba memutar hasil preview video.

Pastinya apabila hasil preview tampil hitam, proses mengedit video tersebut akan sangat terganggu, karena pengguna tak bisa mengetahui laju video secara realtime. Tapi tak perlu khawatir, karena kendala sejenis ini bisa diatasi dengan mudah.

Solusi Hasil Preview Adobe Premiere Pro Tampil Hitam

Masalah layar hitam ini rata-rata disebabkan oleh GPU yang sedang diatur untuk proses preview video. Jadi kamu hanya perlu mengubahnya menjadi CPU. Dan mungkin hasil preview akan sedikit lambat, namun tak masalah selama proses edit video tidak lagi terganggu.

Dan berikut ini cara untuk mengatasinya:

  1. Buka Premiere Pro.
  2. Pada Topbar, silakan klik menu File.

    Klik Menu File

  3. Lalu menuju menu Project Settings > General.

    Klik Menu General

  4. Silakan ubah Renderer menjadi Mercury Playback Engine Software Only.

    Mengatasi Layar Hitam Premiere Pro

  5. Selesai, sekarang lihat hasilnya.

Pasti sekarang hasil preview video tidak akan tampil hitam lagi. Tapi seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa proses render preview mungkin akan memakan waktu sedikit lama daripada menggunakan GPU.

Baca juga: Cara Memberi Efek Slow Motion di Adobe Premiere Pro

Penyebab Layar Hitam di Premiere Pro

Dari beberapa hal yang saya terapkan ketika menggunakan renderer GPU (CUDA), munculnya layar hitam ketika memutar video preview ini disebabkan karena projek yang dikerjakan memiliki ukuran yang besar.

Sebagai contohnya seperti mengalihkan resolusi video yang terlalu tinggi dan komputer terbebani. Selain itu penggunaan preset MOGRT yang terlalu banyak pada satu part juga dapat mengakibatkannya.

Jadi jika saya simpulkan, hal ini disebabkan karena komputer terbebani saat mengedit projek video tersebut sehingga hanya tampil hitam saja saat preview diputar. Tapi apabila kamu memiliki pengalaman yang sama dan mengetahui penyebab pastinya, sangat dipersilakan untuk membagikan pengalaman tersebut pada kolom komentar dibawah guna untuk membantu pengguna yang lainnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.