Cara Membuat Nomor Halaman Word Dimulai dari Halaman 2

Jika kamu sering membuat dokumen menggunakan Microsoft Word, pasti tidak asing dengan sebuah nomor halaman. Nomor tersebut sangat penting untuk membuat dokumen terlihat rapi dan mudah untuk dijangkau. Contohnya ketika membuat daftar isi topik beserta nomor halaman, sehingga pembaca bisa menemukan halamannya dengan cepat.

Namun, terkadang kita ingin memulai nomor halaman dari halaman 2, misalnya ketika ingin membuat cover atau halaman depan yang tidak dihitung sebagai halaman pertama. Nah, berikut ini adalah cara mudah untuk melakukannya.

Tutorial Membuat Nomor Halaman Word Dimulai di Halaman Kedua

1. Menyiapkan Dokumen

Tahap pertama adalah menyiapkan dokumen yang ingin diberi nomor halaman. Pastikan kondisinya kamu sudah membuat cover pada halaman pertama, sehingga nantinya tutorial ini bisa diterapkan sesuai yang diharapkan.

2. Sisipkan Nomor Halaman

Langkah selanjutnya adalah menerapkan nomor halaman. Caranya mudah, silakan klik menu Sisipkan dan kemudian pilih Nomor Halaman, lalu pilih lagi area nomor itu akan dimunculkan, dan pilih juga template yang tersedia di sana.

Menyisipkan Nomor Halaman di Microsoft Word

Sekarang nomor halaman sudah diterapkan, akan tetapi dimulai dari halaman pertama. Nah supaya itu bisa muncul mulai dari halaman ke-dua, beri centang pada opsi Halaman Satu Berbeda.

Beri Centang Opsi Halaman Satu Berbeda

3. Mengurutkan Nomor 1 Mulai dari Halaman Kedua

Kondisinya sekarang halaman pertama tidak diikutkan untuk pembuatan nomor halaman. Akan tetapi jika dilihat dengan teliti, nomor halaman kedua akan tertera sebagai nomor urut 2, sedangkan yang diharapkan adalah nomor 1.

Tenang saja, karena ada caranya untuk mengubahnya, yaitu dengan mengubah sedikit rumusnya. Untuk melakukannya pun tidak sulit. Silakan klik dua kali pada nomor halaman, dan selanjutnya tekan tombol ALT+F9 pada keyboard.

Jika rumusnya sudah keluar, silakan ubah dari:

{PAGE \* MERGEFORMAT}

Menjadi:

{={PAGE \* MERGEFORMAT}-1}

Silakan ketik manual supaya tidak ada kesalahan, untuk menambahkan tanda kurung seperti itu bisa menggunakan kombinasi CTRL+F9, dan apabila sudah selesai, silakan tekan tombol ALT+F9 lagi untuk melihat perubahannya.

Contoh Rumus yang Benar

Pastinya sekarang halaman dua dimulai sebagai nomor urut satu.

Baca juga: Cara Merekam Layar Menggunakan Microsoft PowerPoint

Kesimpulan

Membuat nomor halaman pada Word dimulai dari halaman 2 sangat mudah untuk dilakukan. Hanya perlu tiga langkah saja dan halaman dua ke bawah memiliki nomor urutan sesuai yang diharapkan. Mungkin beberapa pengguna mengalami sedikit kesulitan pada saat mengisikan rumus, jadi silakan lakukan secara perlahan dan sepastinya cara ini akan berhasil.

Jangan pernah menyalin dan menempel kode rumus mengingat itu tidak akan mengubah hasilnya, jadi cukup ketik secara manual sesuai intruksi yang saya berikan di atas, dan segalanya pasti akan lancar. Jika pun kamu memiliki pertanyaan terkait tutorial di atas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *