Cara Memperbarui Perangkat Lunak di Ponsel Samsung

Cara Memperbarui Perangkat Lunak di Ponsel Samsung

Setiap beberapa bulan sekali terdapat pembaruan perangkat lunak pada ponsel yang disediakan langsung oleh brand ponsel. Pembaruan itu meliputi dari perbaikan, penambahan fitur, atau upgrade versi Android.

Pada ponsel Samsung, biasanya sebulan sekali selalu ada pembaruan keamanan yang tersedia. Dan sistem ponsel akan langsung memberitahukan melalui notifikasi apabila pembaruan tersebut telah tersedia, dan pengguna bebas untuk mengunduhnya saat itu atau nanti.

Memperbarui Perangkat Lunak Ponsel Samsung

Bagi pengguna yang belum pernah melakukan pembaruan pada ponselnya mungkin sedikit ragu dalam melakukannya, mengingat hal ini akan berpengaruh pada sistem. Dan disini akan saya bagikan cara paling aman untuk melakukannya.

1. Menyiapkan Baterai 100% Sebelum Pembaruan

Proses pembaruan dapat berlangsung selama beberapa menit, dan hal ini membutuhkan beberapa daya baterai untuk melakukannya. Jadi menyiapkan 100% pada baterai hanya untuk jaga-jaga supaya pembaruan tersebut tidak mengalami interupsi hanya dikarenakan baterai habis.

Karena pada kondisi terburuk, ketika baterai ponsel habis tiba-tiba pada saat proses pembaruan, maka hal tersebut akan membuat sistem ponsel mengalami brick dan berakhir bootloop.

Nah untuk menghindari hal tersebut, sangat disarankan untuk melakukan charging penuh terhadap baterai ponsel sebelum memulai pembaruan.

2. Pastikan Memori Penyimpanan Ponsel Tidak Terindikasi Penuh

Jika muncul notifikasi memori telepon penuh, maka urungkan untuk memperbarui ponselnya saat ini. Karena itu bisa menyebabkan kegagalan sistem pada proses mengeluarkan paket perangkat lunak nantinya.

Maka dari itu, silakan hapus berkas atau aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan sampai tidak ada notif memori penuh pada ponsel. Dan jika sudah tidak ada notifnya, maka kamu telah siap untuk memperbarui ponselnya.

3. Mengunduh Paket Pembaruan dan Mulai Memperbarui

Jika kedua hal diatas telah terpenuhi, maka tahap selanjutnya adalah proses pembaruan perangkat lunak ponselnya. Awalnya kamu akan diminta untuk mengunduh paket pembaruan terlebih dahulu, yang mana ukuran biasanya diatas 100 MB, jadi siapkan koneksi internet untuk melakukannya.

Berikut ini langkah-langkah untuk memperbaruinya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Update Perangkat Lunak.

    Ketuk Menu Update Perangkat Lunak

  3. Dan ketuk pada menu Unduh dan Instal.

    Ketuk Menu Unduh dan Instal

  4. Untuk mulai mengunduh paket pembaruan, silakan ketuk tombol Unduh.

    Mengunduh Paket Pembaruan Perangkat Lunak Samsung

  5. Setelah itu tunggu proses unduhan sampai selesai.

    Tunggu Proses Pembaruan Selesai

  6. Jika paket pembaruan telah berhasil diunduh, silakan ketuk tombol Instal Sekarang.

    Ketuk Tombol Perbarui Sekarang

  7. Kemudian ponsel akan memulai ulang. Silakan tunggu proses pembaruan selesai.

Pada proses pembaruan, ponsel akan masuk pada mode fastboot, dan disana juga ditampilkan progress untuk mengetahui persentase prosesnya. Jadi cukup letakkan ponsel dan tunggu prosesnya sampai 100%.

Jangan sampai mematikan ponsel pada saat proses pembaruan, jadi cukup letakkan dan biarkan sistem yang mengambil alih pada proses pembaruan tersebut. Dan ketika ponsel memulai ulang setelah prosesnya selesai, maka itu tandanya pembaruan telah berhasil terpasang.

Baca juga: Cara Menghilangkan Notifikasi Perbarui Ponsel Anda di Samsung

Berapa Lama Waktu Pembaruan Perangkat Lunak Ponsel Samsung?

Rata-rata waktu pembaruan hanya sekitar 5 menit, namun ini juga tergantung dari ukuran pembaruan tersebut. Jika ukurannya lebih dari 1 GB, tentunya prosesnya akan sedikit lama sampai sekitar 15 menit.

Tak masalah jika persentase pembaruan seolah macet, karena sebenarnya itu masih berjalan hanya saja lambat. Jadi contohnya ketika kamu melihat persentase pembaruan berhenti di 20%, maka sebaiknya untuk menunggu beberapa menit, pasti akan ada perkembangan.

Memperbarui ponsel untuk pertama kalinya pasti akan sedikit ragu dalam melakukannya, namun selama prosesnya lancar, pasti kamu takkan ragu lagi pada pembaruan selanjutnya.

Seluruh ponsel Android termasuk Samsung menyediakan akses pembaruan yang mudah untuk dilakukan. Namun untuk memastikan pembaruan itu berhasil tanpa ada masalah, sangat disarankan untuk mengikuti langkah pertama dan kedua diatas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.