Cara Mengubah Nickname di Twitch

Cara Mengubah Nickname di Twitch

Twitch merupakan layanan livestream video yang sangat populer di internet. Setiap pengguna yang mendaftar bisa langsung menonton tayangan livestream dari suatu channel, atau bahkan melakukan livestream sendiri.

Platform tersebut memiliki banyak sekali pengguna gamer populer, maka dari itu kebanyakan dari tayangan livestream yang tersedia merupakan gameplay, namun ada pun beberapa kategori lain yang disediakan.

Pada saat pertama kali mendaftar, biasanya kita tidak mementingkan terhadap berbagai hal, jadi langsung menuliskan apa yang biasa digunakan ketika mendaftar pada situs di internet. Salah satunya adalah username.

Pada dasarnya username yang kamu tuliskan pada saat mendaftar akan digunakan pula sebagai nickname nantinya, tapi itu masih dapat diubah kembali. Dan artikel ini akan membagikan bagaimana cara mengubahnya.

Mengubah Nickname Akun Twitch

Nickname atau bisa juga disebut sebagai display name biasanya muncul pada profil atau ketika melakukan chat pada video. Nickname tersebut dapat diubah sesuka hati, sedangkan tak ada opsi untuk merubah username pada akun.

Dan berikut ini langkah-langkah untuk mengubah nickname pada akun Twitch:

  1. Masuk ke Twitch.
  2. Klik pada Foto Profil.

    Klik Foto Profil di Twitch

  3. Dan pilih menu Settings.

    Pilih Menu Settings

  4. Setelah itu gulir kebawah sampai bagian Display Name.

    Mengubah Nickname di Twitch

  5. Ubah nickname sesuai yang kamu inginkan, dan klik tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan.

Tutorial diatas diterapkan melalui Twitch versi desktop. Sedangkan di aplikasi ponsel, caranya nyaris sama. Hanya saja pada bagian settings, terdapat beberapa menu tambahan, yakni menuju Account > Edit Profile > Display Name.

Solusi Tidak Bisa Mengubah Nickname Twitch

Ada beberapa hal yang mengakibatkan pengguna tak bisa mengubah nickname pada akunnya. Salah satu yang paling sering terjadi adalah karena adanya kesamaan dengan nickname pengguna lain. Karena meski nickname pun harus dibuat unik supaya tidak sampai disalahgunakan oleh orang lain.

Jadi silakan coba buat nickname lain, tambah dengan kombinasi angka dibelakangnya untuk membuatnya unik.

Hal lain yang menyebabkan nickname tidak bisa diubah (greyed-out) adalah karena kebijakan dari Twitch. Dimana pengguna diberi jatah waktu 2 bulan sekali untuk mengubah nicknamenya. Jadi apabila kamu baru saja mengubah nickname hari ini, maka untuk mengubahnya lagi harus menunggu selama 2 bulan.

Kebijakan itu bisa saja berubah kapan saja, dan kebanyakan platform juga menerapkan hal ini juga, bahkan di sosial media juga.

Baca juga: Opera GX: Browser Spesial untuk Gamer

Kesimpulan

Twitch tidak menyediakan kolom untuk mengisi nickname pada saat mendaftar, sehingga yang digunakan pertama kali adalah username. Sedangkan pengguna nantinya diberikan opsi untuk mengubah nickname tersebut di pengaturan dengan nama yang biasa digunakan di internet atau di game untuk membuatnya dikenali lebih mudah.

Selain mudah dalam mengubah nickname, tapi Twitch memiliki kebijakan yang tak bisa dilanggar, dimana terdapat batasan dalam perubahan tersebut, dimana semua pengguna hanya bisa mengubah nickname selama 2 bulan sekali. Maka dari itu, jangan sampai salah mengetik ketika hendak mengubahnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.