Cara Menggunakan Grammarly untuk Koreksi Ejaan pada Browser

Cara Menggunakan Grammarly untuk Koreksi Ejaan pada Browser

Grammarly adalah layanan asisten penulis yang dapat mengkoreksi kesalahan pada penulisan, baik itu dari ejaan, tanda baca, tata bahasa, dan lain-lain. Mereka mengklaim dapat mengatasi kurang lebihnya 250 jenis kesalahan dalam waktu yang singkat.

Hal yang menarik dari layanan tersebut adalah akses GRATIS, namun pastinya terdapat batasan tertentu dalam penggunaan fitur di dalamnya. Namun sebenarnya paket gratis ini sudah cukup dalam hal mengkoreksi kata dengan benar.

Selain menggunakannya pada website Grammarly saja, pada dasarnya semua pengguna dapat memakainya pada banyak situs web, khususnya sosial media. Namun untuk melakukan hal tersebut, pengguna harus memasang ekstensi terlebih dahulu.

Cara Memasang Grammarly pada Browser

Jadi Grammarly memiliki ekstensi untuk berbagai macam browser, baik itu Firefox, Chrome, Edge, dan keluarga Chromium lainnya. Dengan memasang ekstensi tersebut, kamu akan dibantu dalam pengoreksian kata di berbagai macam situs web. Jadi tidak perlu membuka website Grammarly lagi hanya untuk mengkoreksinya.

Berikut ini langkah-langkah untuk memasang Grammarly pada browser. Dan sebagai contoh tutorial disini, saya menggunakan browser Chrome dalam melakukannya.

  1. Buka halaman Ekstensi Grammarly. Silakan diklik.
  2. Kemudian klik tombol Add to Chrome.

    Klik Tombol Tambahkan ke Chrome

  3. Akan muncul dialog konfirmasi, klik opsi Tambahkan Ekstensi.

    Klik Opsi Tambahkan Ekstensi

  4. Tunggu beberapa saat, dan Grammarly telah aktif pada browser.

    Grammarly Telah Berhasil Terpasang pada Chrome

Ketika ekstensi Grammarly sudah ditambahkan, kini segala hal yang kamu tulis, termasuk di website sosial media akan di koreksi secara otomatis dan juga cepat. Dan bagian terbaiknya adalah Grammarly menjamin privasi kamu akan tetap terjaga, dan hanya kolom berbentuk pesan biasa yang akan di koreksi.

Jadi Grammarly tidak akan berfungsi apabila dipakai pada kolom yang meminta username atau kata sandi.

Baca juga: Menampilkan Suggestion dan Autocorrect Saat Mengetik di PC

Memilih Grammarly Biasa atau Premium?

Ada perbedaan yang signifikan dalam fitur, dimana versi premium justru memberikan kualitas yang lebih baik lagi. Jadi sangat sepadan untuk membeli versi premium apabila setiap harinya kamu mengetik teks Bahasa Inggris supaya lebih tepat dan tak ada kesalahan satu pun.

Sementara itu menggunakan versi gratis sebenarnya sudah bagus, apalagi tersedia ekstensi di Chrome ini, yang mana menurut saya sudah terbilang cukup untuk sebatas mengkoreksi teks.

Jadi antara gratis atau premium, sebenarnya itu tergantung dari penggunaan sehari-hari. Jika dipakai untuk bekerja, pasti sangat cocok sekali dalam membeli versi premium. Tapi apabila dipakai untuk sekedar chatting atau berkomentar di sosial media, saya rasa versi gratis sudah cukup.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.