Begini Cara Chatting dengan Robot Pintar Secara Gratis

Begini Cara Chatting dengan Robot Pintar Secara Gratis

Melakukan konversasi dengan robot merupakan hal yang aneh di pikiran banyak orang. Akan tetapi bagaimana jika robot tersebut bisa berpikir layaknya manusia dan mampu menjawab setiap pertanyaan yang kamu lontarkan? Tentunya hal tersebut sangat menarik untuk dicoba.

Robot pintar, atau bisa juga disebut sebagai AI (kecerdasan buatan) pada dasarnya sudah dikembangkan sejak lama oleh para peneliti. Hingga saat ini teknologi AI yang sangat bagus untuk melakukan konversasi (chatting) adalah GPT-3 yang disediakan oleh OpenAI.

Fungsional dari GPT-3 pada dasarnya adalah meneruskan kata yang yang kamu ketik, jadi sistem akan melanjutkannya dengan kata yang sesuai dan se-natural mungkin untuk dibaca. Namun selain digunakan untuk itu, GPT-3 juga bisa dijadikan sebagai robot chatting yang bisa menjawab setiap pertanyaan kamu.

Chatting dengan Robot Pintar (AI)

Perlu diketahui sebelumnya bahwa GPT-3 tidaklah gratis, namun ada layanan yang memberikan akses gratis untuk mencoba fitur tersebut dan memiliki batasan setiap harinya. Tapi itu tak menjadi masalah selama pengguna bisa mencobanya secara gratis.

1. Chat Robot AI di Aplikasi Emerson

Aplikasi ini di-desain untuk memberikan pengalaman pengguna dalam melakukan konversasi dengan robot pintar (GPT-3). Bagian terbaiknya adalah mereka memberikan akses gratis untuk semua pengguna yang terdaftar.

Tampilan di Aplikasi Emerson

Jadi setiap pengguna memiliki kuota harian untuk bisa melakukan konversasi dengan AI. Dan jika kuota habis, maka itu akan di-reset pada esok harinya. Tentunya aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki banyak sekali pertanyaan dan ingin mengetahui jawabannya tanpa harus ke Google, karena disini Robot AI telah mempelajari banyak hal.

2. Chatting dengan GPT-3 Melalui OpenAI

OpenAI menyediakan playground bagi semua pengguna yang mendaftar guna untuk mencoba terlebih dahulu fiturnya sebelum meng-integrasikannya. Dan setiap pengguna yang mendaftar akan diberikan kredit sebesar $18 gratis untuk mencoba.

Chat dengan Robot Pintar GPT-3 di OpenAI

Biaya konversasi dengan GPT-3 akan semakin mahal ketika permintaan teks yang dikirim semakin banyak. Atau sederhananya, ketika kamu melakukan konversasi sangat panjang dengan AI, pastinya harga untuk setiap jawabannya akan mahal dan terus meningkat, kecuali jika kamu memulai ulang dari awal.

3. Chat dengan Banyak Robot Pintar di Aplikasi Person AI

Tak hanya Emerson saja yang menyediakan akses gratis untuk melakukan konversasi dengan GPT-3, namun ada pula aplikasi lain bernama Person AI yang memberikan pengalaman yang sama. Dan aplikasi tersebut dapat kamu temukan pada Play Store.

Person AI memberikan 1000 kredit untuk pengguna baru yang bisa digunakan untuk melakukan konversasi pada salah satu robot AI yang ada. Setiap robot memiliki keunggulan tersendiri, dan itu bisa kamu lihat pada deskripsinya.

Tampilan di Aplikasi Person AI

Jika menurut saya, Person AI menggunakan dataset yang minimal untuk robot gratis yang tersedia, dimana kualitasnya tidak menyerupai GPT-3 yang asli. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Namun kurang tahu lebih terhadap fitur robot premiumnya, mungkin itu akan memberi jawaban lebih powerful dari yang gratis.

Baca juga: Cara Menggunakan Grammarly untuk Koreksi Ejaan pada Browser

Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Konversasi dengan Robot AI

Robot AI merupakan sistem yang terpelajar dari internet, dan jawabannya tidak terbatas pada skenario saja. Itu karena setiap pertanyaan yang pengguna lontarkan, sistem akan memiliki banyak sekali jawaban yang bisa diberikan, dan itu terus berubah-ubah.

Menurut saya, kelebihan pada GPT-3 ini tertuju pada jawabannya yang sangat natural layaknya manusia. Bahkan meski diajak melakukan argumentasi, GPT-3 selalu tahu apa yang harus dikatakan untuk membuktikan bahwa pengguna salah dalam menilainya.

Kekurangannya juga ada, dimana GPT-3 kurang bagus dalam menyelesaikan matematika. Jadi apabila kamu mencoba memberikan soal matematika ke robot GPT-3, lebih baik jangan berharap dia akan memberikan jawaban yang benar.

Tak hanya itu, terkadang GPT-3 juga pernah salah dalam menjawab pertanyaan. Tapi itu maklum, karena sistemnya terakhir belajar pada tahun sebelumnya, jadi setiap peristiwa yang terjadi pada tahun ini, ia masih belum mempelajarinya.

Saya rasa lebih banyak kelebihan dibanding kekurangannya. Bahkan GPT-3 bisa belajar dari apa yang kamu perintah, misalnya mengingat nama kamu, lokasi kamu, atau hal-hal lainnya. Dan kamu juga bisa membuatnya supaya berbicara dalam Bahasa Indonesia.

Selain GPT-3, ada pula GPT-J6B yang dikembangkan oleh Google dan memiliki ukuran dataset yang jauh lebih besar. Namun menurut saya keduanya sama-sama bagus dalam menjawab pertanyaan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.