5 Layanan Alternatif Grammarly Paling Terbaik

Sudah tahu belum tentang Grammarly? Itu adalah layanan untuk mengecek ejaan dan tata bahasa inggris secara online. Kelebihan dari layanan tersebut adalah cara sistem dalam melakukan koreksi dengan cepat serta memberikan perbaikan terhadap kesalahan teks yang kamu ketik.

Grammarly saat ini juga bisa dinikmati secara gratis, namun jika membeli versi berbayar akan mendapatkan fitur lebih seperti dukungan rekomendasi kata, cek plagiarism, dan lain-lain. Namun selain Grammarly, ada juga lho layanan yang memiliki kegunaan yang sama.

Hal-hal yang membuat seseorang ingin menggunakan layanan alternatif adalah ketidakpuasan terhadap fitur yang ditawarkan, sehingga mereka mencoba menemukan layanan lain dan berharap mendapatkan apa yang sesuai keinginan sesungguhnya. Dan disini akan saya bagikan beberapa layanan alternatif tersebut.

5 Alternatif Grammarly Terbaik untuk Koreksi Bahasa Inggris

1. ProWritingAid

Gambaran dari ProWritingAid
Layanan ini memberikan akses uji coba selama 2 minggu untuk memastikan kamu bahwa layanannya memang berfungsi sesuai keinginan atau tidak. Jadi dalam kurun waktu itu, kamu bisa mencoba segala hal dari seluruh fiturnya dan pada akhirnya memutuskan ingin membeli produknya atau menghentikannya.

ProWritingAid memiliki tampilan editor dokumen yang simpel layaknya Microsoft Word. Mereka juga memiliki ekstensi yang bisa dipasang pada browser, sehingga tak hanya dokumen saja yang dapat diperbaiki.

Proses untuk mengoreksi terbilang sedikit lama jika dibandingkan Grammarly, namun hasilnya sepadan. Disediakan pula semacam statistik yang dapat kamu lihat pada bagian samping untuk mengetahui seberapa bagus seluruh kalimat yang ada di dokumen.

Ingin mencobanya? Silakan menuju website ProWritingAid.

2. Linguix

Gambaran dari Linguix
Linguix menyediakan akses gratis untuk mengecek grammar dan mengolah ulang kata. Pada versi berbayar, fitur yang disediakan akan lebih banyak lagi, salah satu yang menurut saya terbaik adalah premium suggestions.

Tersedia ekstensi untuk browser supaya lebih mudah dalam menggunakannya pada seluruh website. Dan proses pengecekkannya saya rasa cukup cepat layaknya Grammarly.

Di website Linguix terdapat kolom yang bisa kamu coba untuk mengecek secara real-time. Jadi dibanding langsung mendaftar, kamu bisa mencoba terlebih dahulu hasil pengecekkan tata bahasa yang disediakan oleh Linguix.

Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja menuju situs web Linguix.

3. Writer

Gambaran dari Writer
Sesuai namanya, Writer mampu membetulkan kesalahan kamu dalam menulis bahasa inggris. Tersedia akses gratis yang memiliki fitur yang sama dengan Grammarly, begitupula dengan versi premiumnya.

Perbedaanya adalah, Writer menyediakan akses uji coba untuk versi premium selama 1 bulan. Jadi ada waktu lama untuk mencoba-coba segala fiturnya sebelum kamu menentukan ingin membeli versi premium atau menetap di versi gratis.

Ekstensi browser dan add-on untuk Microsoft Word juga telah tersedia, dan menurut saya tingkat pengecekkan juga cepat layaknya Grammarly. Tak hanya itu saja, bahkan tampilan untuk mengedit dokumen di websitenya juga nyaris sama seperti pada Grammarly.

Jika kamu ingin mencobanya sekarang, silakan menuju website Writer.

Baca juga: Cara Menggunakan Grammarly untuk Koreksi Ejaan pada Browser

4. Sapling

Gambaran dari Sapling
Dulu saya pernah menggunakan ekstensi browser yang disediakan dari Sapling dan hasilnya pun memuaskan. Mereka menyediakan akses gratis, dan versi berbayarnya sangat cocok bagi pengguna yang sering membalas pesan dari para customer karena telah ter-integrasi ke berbagai layanan chat atau support helpdesk.

Bahkan Sapling melakukan beberapa perbedaan yang menonjol terhadap Grammarly, dimana beberapa hal tak bisa diperbaiki oleh Grammarly dengan benar. Dan setelah saya coba menerapkannya pada Grammarly versi premium untuk memastikan benar tidaknya, ternyata itu memang tidak diperbaiki.

Jadi bisa disimpulkan bahwa sistem sugesti Grammarly masih kurang baik untuk memperbaiki kata. Dan Sapling disini mengklaim bahwa layanan yang mereka tawarkan akan memberikan hasil yang lebih memuaskan.

Bagaimana, kamu tertarik ingin mencobanya? Langsung saja menuju website Sapling.

5. QuillBot

Gambaran dari Quillbot
Layanan ini memberikan akses ke berbagai macam pengolahan kata dalam bahasa inggris, baik itu melakukan rewrite, mengecek grammar, dan mengecek plagiarism. Mereka menyediakan akses gratis dan berbayar, hanya saja terdapat batasan tertentu pada akses gratis yang disediakan.

Menurut saya, pengecek grammar dari QuillBot untuk versi gratis lebih cocok digunakan untuk meng-analisa dokumen mini. Tapi jangan salah tanggap dulu, karena fitur pengecek grammarnya ini menurut saya seperti menggunakan fitur premium.

Tak perlu membuat akun, di websitenya sudah disediakan kolom untuk mencoba mengecek kalimat. Dan terdapat pula ekstensi yang tersedia untuk browser. Jadi meski akses gratis ini dibatasi, namun hasil yang diberikan sangat memuaskan layaknya memakai versi premium.

Untuk mencobanya, silakan menuju situs web QuillBot.


Dari lima layanan tersebut, kamu bisa mencoba semua layanannya dan membandingkan mana yang lebih bagus dan sesuai harapan. Apalagi seluruh dari layanan diatas memberikan akses gratis atau uji coba dalam waktu yang terbilang lama. Tentunya kamu takkan kehabisan waktu hanya untuk mencobanya.

Jika pun kamu memiliki saran lain dari layanan alternatif dari Grammarly yang sekiranya cocok untuk dimasukkan pada daftar diatas, langsung saja bagikan itu pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.